Welcome To Our Magazine Website
 

Temukan Perbedaan Desainer Interior dan Kontraktor Di Sini

Desainer interior dan kontraktor dapat bekerja saling melengkapi, menggantikan, ataupun berjalan sendiri-sendiri.

Pekerjaan desainer interior dan kontraktor sifatnya membantu satu sama lain. Ketika mereka bekerja saling melengkapi, tentunya perubahan di ruangan rumah Anda akan menjadi bagus. Di saat Anda membutuhkan desainer interior, namun yang Anda dapatkan adalah kontraktor, maka bisa terjadi ketidakpuasan karena kualitas yang didapatkan tidak sesuai ekspektasi. Namun, kalau mereka dipekerjakan sesuai dengan keahliannya, maka Anda pun akan mendapatkan apa yang Anda inginkan untuk rumah Anda. Jadi, apa yang membuat keduanya berbeda?

Desainer Interior

Begitu Anda sepakat untuk menggunakan jasa desainer interior, maka prosesnya akan diawali dengan berdiskusi mengenai desain yang Anda inginkan hingga menemukan sebuah desain final. Tahap awal ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung proses komunikasi dan kesepakatan. Meskipun lama, namun tahap ini merupakan tahap yang krusial karena di sinilah desainer interior akan menerjemahkan ide dan kemauan Anda ke dalam rancangan desain yang nantinya akan diwujudnyatakan. Begitu memasuki tahap selanjutnya, seorang desainer interior akan membantu mulai dari proses mencari kontraktor, apabila diperlukan perombakan secara fisik, berburu material, hingga pemasangannya.

Semua yang dibeli, dipersiapkan, dan digunakan akan disesuaikan dengan keputusan Anda. Anda yang memilih dari rekomendasi yang mereka berikan atau dari koneksi yang Anda miliki sendiri. Bukan berarti mereka tidak membantu, namun mereka mengutamakan keinginan Anda sebagai klien dan akan memberikan saran yang sekiranya dapat menjadi pilihan yang baik. Lalu, setelah semua persiapan beres, mereka akan mengawasi proyek yang berlangsung hingga terwujud desain ruangan yang Anda inginkan.

Penggunaan jasa desainer interior akan sangat memudahkan Anda yang sibuk atau bingung menentukan konsep ruangan yang pas. Anda hanya perlu mengungkapkan apa yang Anda inginkan, apa yang Anda sukai dan tidak, kemudian desainer interior akan membantu Anda menciptakan desain dan mempersiapkan segalanya. Dengan menggunakan desainer interior, maka Anda akan mengefektifkan waktu serta rencana anggaran Anda.

Kontraktor

Kontraktor bekerja lebih pada pembongkaran atau penambahan bagian dari bangunan. Misalnya, pemasangan kabel, pipa, lantai, dan lain-lain. Mereka bekerja berdasarkan desain yang sudah ada dan tidak membantu Anda dalam pembuatan desain atau pemberian saran untuk desain Anda. Akibatnya, jika ada desain yang kurang sesuai, mereka tetap akan bekerja sesuai dengan desain tersebut.

Kontraktor sendiri ada yang memiliki spesialisasi masing-masing, seperti ahli pipa, ahli kelistrikan, dan seterusnya. Jika Anda memiliki beberapa rekomendasi kontraktor andalan Anda, ketika Anda membutuhkan beberapa jenis kontraktor, pastikan Anda mengatur jadwal penggunaan jasa mereka dengan baik. Misalnya, pemasangan lantai untuk dapur Anda akan lebih efektif jika dilakukan setelah pemasangan pipa dan kabel selesai.

perbedaan-desainer-interior-dan-kontraktor

source: legalbeagle.com

Penggunaan jasa kontraktor akan tepat bagi Anda yang memiliki waktu luang untuk mengawasi proses pengerjaan dan paham mengenai desain serta konstruksi bangunan. Selain itu, kontraktor juga cocok untuk perubahan konstruksi yang sederhana karena jika Anda ingin melakukan perubahan konstruksi besar-besaran, Anda perlu menggunakan jasa arsitek yang akan membuat perubahan pada bangunan rumah Anda lebih nyaman, efisien, dan tentunya aman. Juga untuk perubahan desain yang simpel, yang sudah ada di bayangan Anda, Anda dapat memanfaatkan bantuan kontraktor untuk eksekusinya.

Kesimpulan

Melihat perbedaan keduanya, ketika Anda hanya membutuhkan jasa dari salah satunya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda hanya ingin mengubah sedikit desain pada ruangan Anda, yang membutuhkan perubahan fisik bangunan yang ringan, Anda bisa menggunakan jasa kontraktor. Sementara kalau Anda ingin menentukan desain ruangan yang tepat, yang sesuai dengan kepribadian dan selera Anda, desainer interior akan sangat membantu.

Lalu, kalau Anda ingin keduanya bekerja bersama, maka Anda bisa menyerahkan tanggungjawab desain dan persiapan material pada desainer interior, juga pengawasan pelaksanaan proyeknya. Untuk proses pengerjaan proyeknya, maka desainer interior akan membimbing dan mengawasi kontraktor untuk bekerja sesuai dengan desain yang telah dibuat. Jika selama proses pengerjaan ada yang kurang sesuai, desainer interior dapat mengoreksi supaya diganti dan disesuaikan. Desainer interior pun akan membantu proses komunikasi antara Anda dengan kontraktor apabila ada masalah dengan pengerjaan fisik bangunan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil kerjasama kedua profesional tersebut dalam rupa ruangan yang dengan konsep desain yang apik dan perombakan bangunan yang rapi.

Images source: expertise.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

LEAVE A COMMENT