Welcome To Our Magazine Website
 

Proses Bekerja dengan Desainer Interior

Bekerja dengan desainer interior tidak se-sederhana yang Anda bayangkan. Ada proses yang harus dilalui, yang meskipun panjang, namun layak untuk dilakukan.

Hubungan dengan desainer interior yang baik akan membuat proses perombakan ruangan Anda jadi lebih nyaman. Melewati setiap proses kerja dengan desainer interior secara baik akan memberikan Anda hasil yang memuaskan dan sesuai dengan ekspektasi. Walaupun terlihat terlalu bertele-tele, namun tanpa memenuhi proses tersebut, maka Anda akan mengalami banyak hambatan di tengah pelaksanaan proyek. Bahkan, Anda bisa mendapatkan hasil yang melenceng dari konsep awal Anda. Karena itu, nikmatilah proses kerja yang harus dijalani bersama desainer interior berikut ini.

Menganalisa

Pertemuan dengan desainer interior untuk membahas konsep awal desain Anda merupakan langkah yang penting dalam proses ini. Tidak hanya berbincang santai, namun di sini Anda akan berbincang mendalam untuk membahas konsep awal tersebut. Konsep tersebut akan dianalisa untuk dilihat kekurangannya, serta dicari kelebihan yang bisa ditonjolkan. Selain itu, desainer interior akan memastikan desain ruangan serta furnitur yang digunakan tidak hanya cantik, namun juga fungsional.

Kemudian, di dalam proses ini juga Anda akan ditanyai seputar hal yang Anda sukai dan tidak, supaya sesuai dengan konsep desain. Jawablah dengan sejujur mungkin supaya Anda nantinya nyaman menempati ruangan yang sudah dirombak. Lalu, Anda juga akan membahas masalah dana yang Anda miliki, yang kemudian akan disesuaikan dengan tarif yang dimiliki desainer interior. Setelah menyepakati harga, maka Anda bisa mulai membuat jadwal pelaksanaan proyek. Pastikan Anda memiliki waktu untuk menengok pengerjaan proyek secara rutin.

Mengonsep

cara-kerja-desainer-interior

source: shutterstock.com

Usai melakukan obrolan dan analisa  yang mendalam, desainer interior akan memproses semua data, termasuk membuat desain yang hampir final. Ketika desain tersebut diajukan kepada klien, maka desainer interior pun akan menjelaskan material apa yang dibutuhkan, serta menyampaikan pertimbangan-pertimbangan yang sekiranya bisa menjadikan desain lebih estetis dan efektif. Klien masih bisa memberikan masukkan dan kritik apabila ada hal yang ingin diubah atau ditambahkan.

Klien dan desainer interior pun sudah mulai bisa berdiskusi seputar rekomendasi toko atau pengrajin yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengerjaan proyek. Desainer interior biasanya memiliki koneksi yang menguntungkan, sehingga Anda bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga terbaik.

Mengembangkan

Di tahapan ini, konsep desain sudah benar-benar final dan proses pengerjaan proyek semakin berlanjut. Desainer interior, baik dengan ataupun tanpa klien, sudah mulai bisa membeli material atau furnitur sesuai dengan keinginan klien. Desainer interior pun mulai menghubungi kontraktor yang dibutuhkan untuk pelaksanaan proyek tersebut. Perubahan-perubahan kecil masih bisa dilakukan di sini apabila memang kurang tepat dengan apa yang sudah dikonsep dan dipersiapkan. Pembuatan dan penandatanganan kontrak pun dilakukan pada tahapan ini setelah konsep desain, anggaran dana, dan jadwal pengerjaan mencapai kata sepakat.

Mewujudkan

Ini merupakan proses di mana desainer interior memulai pengerjaan proyek. Pembongkaran ruangan, serta penambahan atau pemindahan bagian ruangan dilakukan sesuai konsep desain final dan kesepakatan dalam kontrak yang sudah ditandatangani. Pemasangan kabel, pengecatan tembok, penggantian ubin, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan bentuk fisik ruangan tentunya akan dikerjakan pertama. Setelah itu, mulailah proses penataan ruang yang akan mempertimbangkan focal point ruangan, barang apa saja yang akan dipertahankan dan disingkirkan, keefektifan penempatan furnitur dan dekorasi, dan area lalu-lalang penghuni rumah supaya nyaman pergerakkannya dalam beraktivitas sehari-hari di rumah.

Mengawasi

Proses pelaksanaan proyek tidak akan ditinggalkan begitu saja oleh desainer interior. Mereka akan bertanggungjawab dalam proses pelaksanaan dengan mengawasi berlangsungnya pekerjaan dari awal hingga akhir. Apabila Anda tidak bisa hadir untuk mengawasi secara langsung, mintalah desainer interior Anda untuk memberikan laporan berkala dalam bentuk foto progres pengerjaan atau laporan tertulis melalui e-mail atau pesan singkat.

Proses perombakan ruangan memanglah tidak singkat, bahkan membutuhkan waktu beberapa bulan. Karenanya, Anda harus bersabar dan menikmati proses ini demi terwujudnya ruangan impian Anda. Selamat berproses!

Image source: rapinterirors.co.uk

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

LEAVE A COMMENT