Welcome To Our Magazine Website
 

Perancangangan Lantai dan Sistem Bangunan

Rangkuman ini berisi pengetahuan formal yang tepat untuk mahasiswa yang mempelajari desain interior. Membaca rangkuman ini akan memberikan pemahaman lebih mendalam dan mempersiapkan diri Anda untuk benar-benar memasuki dunia desain interior.

Perancangan Lantai

  • Perancangan lantai merupakan bagian dari gambar kerja atau dokumen yang dibutuhkan untuk membangun sebuah area baru atau merombak yang sudah ada.
  • Perancangan lantai custom mungkin akan berjalan dengan lambat jika dilakukan dengan tangan, dimulai dari sebuah bulatan, kemudian dilanjutkan dengan tahap perbaikan atau penyusunan yang bisa dilakukan dengan software

 

Pendiagraman dan Perancangan Lantai

Pendiagraman merupakan proses peletakkan dua atau tiga representasi dimensional dari ruang yang diajukan di kertas. Grafisnya berkembang dengan memperbaiki skematis (gambar dan alokasi ruang) hingga akhirnya menjadi rancangan lantai final.

Pengukuran Ruang: Footage Kubus dan Kotak

  • Footage Kubus adalah area tiga dimensi atau area yang bisa kita masuki. Ini ditentukan dengan luas, panjang, dan tinggi ruangan.
  • Footage Kotak merupakan area dua dimensi, yang sama dengan panjang ruangan atau bangunan dikali lebarnya. Footage kotak bisa menjadi faktor penentu ukuran bangunan berdasarkan pada estimasi biaya per meter persegi.

Membentuk Area

Bentuk dari area interior juga bisa mempengaruhi bentuk eksteriornya dan dimensi dari rumah; dan ini juga harus dilakukan dengan pertimbangan yang cermat ketika mendesain rumah custom.

Lokasi, Orientasi, dan Iklim

  • Bentuk dari area juga bisa didikte dengan pembatasan atau pertimbangan khusus dari lokasi bangunan. Perhatikan secara saksama kemiringan area, vegetasi alam yang ada, lokasi dan tipe bangunan sekitarnya, dan nilai properti dari arsitektur di sekelilingnya.
  • Juga pertimbangkan orientasi atau arah lokasi menghadap ke mana. Orientasi juga penting kaitannya dengan iklim.

 

Perancangan Lantai dan Perumahan

Tipe Perancangan Lantai

Ada tiga tipe perancangan lantai:

  • Perancangan lantai tertutup merupakan satu dari semua ruangan yang terbuka ke ruangan atau area lainnya hanya dengan sebuah pintu dan ketika pintu ditutup, ruangan benar-benar tertutup.
  • Perancangan lantai terbuka memiliki beberapa area yang terbuka satu sama lain tanpa dinding atau hanya separuh dinding atau pembatas.
  • Perancangan Kombinasi (terbuka dan tertutup) memiliki area terbuka dan tertutup yang dapat dibuka untuk penggunaan area yang fleksibel.

Tipe-tipe Perumahan

Perumahan dapat dibagi menjadi dua kategori:

  • Perumahan keluarga tunggal, yang merupakan rumah dengan halaman.
  • Rumah tinggal menempel, adalah rumah yang berbagi tembok, dengan atau tanpa halaman.

Membeli Rumah Jadi

Berikut ini beberapa pertimbangan penting:

  1. Lokasi harus memperhatikan lingkungan sekitar, kedekatan untuk mendukung pelayanan, kemudahan akses, dan hal-hal seperti pemandangan dan harga properti.
  2. Beli rumah yang memenuhi kebutuhan Anda sekarang dan di masa depan.
  3. Pertimbangkan pemeliharaan. Anda tidak akan menyesal membeli sebuah rumah dengan material dan sistem yang relatif bebas dari pemeliharaan.
  4. Cari garansi untuk sistem pengontrol lingkungan (pemanas, air-conditioning, pipa, listrik).
  5. Periksa kesehatan struktural pada konstruksi—pembingkaian, pemasangan atap, dinding dan jendela, pintu, dan pemasangan lantai.
  6. Waspada terhadap kerusakan atau potensi masalah; seorang inspektur bangunan akan memastikan rumah dibuat dengan baik sehingga aman untuk dihuni.

Mewujudkan Perancangan Lantai

Dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Perancangan lantai custom merupakan satu-satunya cara perancangan yang sesuai dengan kebutuhan klien, pengguna, dan lokasi. Ada tiga cara untuk mendapatkan perancangan lantai custom:

Arsitek mempelajari kesehatan struktural dan keahlian mengambil daftar keinginan pemilik rumah yang prospektif dan membuat rumah yang memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.

  • Desainer rumah. Banyak orang memiliki rancangan yang dibuat oleh desainer rumah tanpa bantuan seorang arsitek. Ini akan membuat biaya menjadi lebih murah.
  • Software Beberapa software mengizinkan pemakai untuk mengubah, atau memodifikasi perancangan yang sudah ada. Kebanyakan memiliki alat untuk membuat perancangan lantai, termasuk pemilihan atau desain dari seluruh komponen interior.
  1. Stock plans adalah perancangan yang didesain oleh arsitek dan desainer rumah yang tersedia untuk dibeli, yang dapat ditemukan di majalah, software komputer, dan website internet tentang perancangan lantai.
  • Gambar kerja, terkadang disebut blueprints, merupakan rangkaian rancangan yang menjelaskan desain, material, dan dimensi untuk mengarahkan setiap sub-kontraktor yang bekerja pada rumah atau bangunan.
  • Ada empat cara untuk menyelesaikan proyek bangunan:
  1. Seorang arsitektur mampu mengawasi proyek sebuah bangunan dan akan bertanggungjawab untuk menyewa kontraktor umum dan memaksa setiap detail harus sempurna.
  2. Seorang kontraktor umum akan mengawasi setiap tahan dan bekerja langsung dengan sub-kontraktor, klien, dan inspektur bangunan.
  3. Menyewa sub-kontraktor sendiri

Ini merupakan pilihan ekonomis jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan dasar mengenai bangunan dan proses perombakan.

  1. Do-it-yourself ideal bagi orang yang memiliki keahlian, peralatan, waktu, pandangan, dan dukungan dari anggota keluarga.

Membangun Bangunan

  • Komponen dan Sistem Bangunan Struktural
  • Pondasi

Pondasi adalah blok konkret atau curahan dinding konkret dari basement atau sublevel.

  • Pembingkaian

Pembingkaian, langkah selanjutnya, adalah tulang kayu atau besi.

  • Sistem Kontrol Lingkungan Interior

Sistem interior sudah dipasang, yang meliputi:

  1. Rough plumbing merupakan pemasangan pipa yang menghubungkan air dengan keran; saluran dari wastafel, bak, showers, dan toilets; dan ventilasi untuk penyeimbang tekanan, memungkinkan pipa masuk ke saluran.
  2. Rough heating termasuk saluran tekanan udara dan ventilasi pada rangkaian pengering pakaian.
  3. Rough electrical merupakan sistem pemasangan kabel dari breaker box ke setiap area di dalam interior, di mana listrik akan dibutuhkan untuk perlengkapan pencahayaan, tombol lampu, dan stop kontak.
  • Komponen Pemoles Interior

Material dan komponen pemoles interior mencakup dinding, langit-langit, dan material pemoles lantai, furnitur kayu dan cabinet, countertops, pelapis dinding (opsional) dan penutup jendela (opsional).

  • Sistem Pemasangan Pipa

Plumbing adalah istilah yang mengindikasikan pipa yang terpasang di dalam bangunan untuk membawa sejumlah udara atau air. Plumbing biasanya berarti sistem asupan air, pengkondisian air dan/atau sistem pemanas air, dan sistem pembuangan air—saluran pengering dan got.

  • Ventilasi dan Air Conditioning.
  1. Ventilasi mengarah pada aliran udara natural dari jendela dan pintu yang terbuka.
  2. Air-conditioning bisa diatur dengan sistem pusat atau mendinginkan satu ruangan satu per satu.
  • Akustik

Berikut ini beberapa alat yang dikontrol oleh akustik tertentu:

  1. Bentuk dan volum dari ruangan dapat diatur untuk membagi-bagi level kebisingan.
  2. Material yang termasuk ke dalam paket interior: pemasangan karpet dan pemasangan tekstil yang menyerap suara.
  3. Di dalam ruang konser yang luas, gereja, atau area publik di mana suara perlu untuk didistribusikan secara merata dan ditingkatkan, spesialis akustik merencakanan untuk panjang dan tinggi ruangan yang tepat.
  • Critical path secara grafis menggambarkan urutan yang tumpang-tindih dari semuanya yang harus dikerjakan dalam sebuah pekerjaan.
  • Punch list merupakan kumpulan dari beberapa barang yang harus didapatkan selama proyek berlangsung.

 

Konservasi Energi

Sistem Tenaga Surya Aktif dan Pasif

Sistem tenaga surya aktif terbuat dari bagian-bagian mekanis yang mengubah peristiwa radiasi tenaga surya (isolasi) menjadi energi termal, kemudian menjadi ruangan dengan udara hangat, air panas, dan bahkan menjalankan unit air-conditioning. 

  • Desain sistem tenaga surya pasif tergantung pada panas natural dan pergerakan dingin.
  • Desain hijau

Kriterianya adalah:

  1. Efisiensi dan durabilitas jangka panjang produk tersebut
  2. Material dan perabot harus berasal dari sumber daya berkelanjutan, bukan dari sumber daya yang terlalu sulit atau terlalu banyak memakan waktu untuk penanaman atau penumbuhan kembali atau tidak bisa diperbarui.
  3. Efisiensi fungsi dari interior dan gaya hidup atau kondisi kerja di dalam bangunan yang menggunakan desain hijaun.
  4. Melalui sikap dan komitmen, daur ulang atau penggunaan kembali dapat menambah kemampuan kita untuk memastikan generasi masa depan yang aman dan memiliki hidup yang berkualitas.

 

Pertimbangan Bangunan Kontrak

  1. Pemasangan Pipa Bangunan Kontrak, HVAC, dan Kualitas Udara Di Dalam Ruangan

Pemasangan pipa yang utama biasanya berlokasi di lokasi sentral pada bagian dinding yang disebut dengan plumbing chase. Sistem HVAC sebaiknya mengirimkan perpaduan udara hangat dan dingin. Kualitas udaara di dalam ruangan, harus bebas dari racun, asap, jamur, dan debu.

Keamanan Hidup

  • Sistem pendeteksi asap dan alarm kebakaran
  • Pencahayaan jalan keluar melalui dioda pemancar cahaya tidak membutuhkan listrik
  • Petunjuk yang mudah diikuti diletakkan pada lokasi yang jelas untuk upaya penyelamatan diri dan tangga/lokasi keluar apabila terjadi kebakaran
  • Alat pemadam kebakaran portabel pada lokasi yang jelas
  • Pencahayaan cadangan
  1. Sistem di dalam Plenum
  • Plenum adalah ruangan di antara atap/langit-langit dan atap yang dinaikkan, yang merupakan grid logam yang menjaga ubin akustik.
  • Plenum terdiri dari pemasangan kabel untuk pendeteksi asap dan/atau percikan pemadam api, pencahayaan, bisa juga telepon dan interkom.
Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.