Welcome To Our Magazine Website

Pencahayaan dan Teknologi

Rangkuman ini berisi pengetahuan formal yang tepat untuk mahasiswa yang mempelajari desain interior. Membaca rangkuman ini akan memberikan pemahaman lebih mendalam dan mempersiapkan diri Anda untuk benar-benar memasuki dunia desain interior.

Pencahayaan dalam Desain Interior

Kita melihat warna melalui cahaya dan dengan cahaya pula kita melihat semua elemen dan komponen dari sebuah interior.

Pencahayaan Natural

  • Cahaya natural atau cahaya dari matahari, memiliki spektrum warna penuh.
  • Bahkan cahaya natural mampu condong pada satu warna, tergantung pada beberapa faktor seperti waktu, musim, cuaca, orientasi, iklim, dan lokasi.
  • Orientasi mengacu pada arah cahaya. Contohnya, paparan cahaya dari selatan akan lebih hangat dan dari utara akan lebih dingin.
  • Ketika tidak ada pelapis pada kaca, maka cahaya natural akan menjadi terlalu terang dan intens, menyebabkan silau, pencahayaan berlebih untuk pengelihatan yang dapat menyebabkan iritasi dan kelelahan.
  • Pencahayaan Bakar

Cahaya api unggun, cahaya lilin, dan lentera adalah sumber pencahayaan natural lainnya yang disebut dengan pencahayaan bakar.

 

Pencahayaan Artifisial

  • Bentuk umum dari pencahayaan artifisial yang banyak digunakan saat ini adalah lampu neon, lampu pijar, dan lampu LED.
  • Lampu pijar menggunakan listrik hingga 80% lebih sedikit untuk menghasilkan cahaya yang sama dengan lampu neon.
  • Teknologi warna High-Definition (HD) telah memproduksi lampu yang mendekati cahaya natural matahari dengan peningkatan kualitas, yaitu lebih ramah untuk mata dan lebih jelas, karenanya berdefinisi tinggi.

Pencahayaan Lampu Neon

  • Lampu neon diproduksi dengan sebuah lengkungan di antara dua elektroda atau pemberat di dalam sebuah tabung kaca yang diisi dengan uap merkuri bertekanan rendah.
  • Tipe-tipe pencahayaan lampu neon adalah:

1. Pencahayaan Lampu Neon Padat

Lampu neon padat atau compact fluorescent lamp (CFL) dikompres menjadi ukuran standar lampu pijar. Dibandingkan dengan lampu pijar, CFLS harganya lebih mahal, tapi memberikan kuantitas cahaya yang sama, sangat hemat listik, dan lebih tahan lama.

2. Pencahayaan Lampu Neon Warna

Lampu neon warna adalah pencahayaan katoda dingin. Lampu ini menggunakan gas atau uap untuk memproduksi warna.

 

Pencahayaan Lampu Pijar

  • Lampu pijar diproduksi dengan memanaskan filamen wolfram berdaya-tahan tinggi dengan arus listrik sampai menghasilkan cahaya. Lampu pijar terdiri dari spektrum warna yang hangat dan lembut terus-menerus. Lampu pijar menghasilkan panas dan mahal.
  • Lampu pijar berwarna bisa didapatkan dengan menggunakan kaca berwarna pada lampu atau dengan meletakkan lembaran berwarna pada lampu. Jenis yang paling dikenal adalah lampu Natal yang berwarna-warni.
  • Terbagi menjadi dua:

1. Pencahayaan Halogen Wolfram

Lampu halogen wolfram digunakan sebagai pencahayaan skala besar, spotlight, dan bertegangan rendah. Lampu dengan watt standar, halogennya tahan tiga kali lebih lama, menyala 10 persen lebih terang, dan dekat dengan spektrum cahaya matahari natural.

2. Pencahayaan Bertegangan Rendah

  • Pencahayaan bertegangan rendah adalah tipe lampu yang mengontrol sebaran cahaya hingga sekitar 9 derajat. Ini juga menggabungkan transformator untuk mengurangi tegangan pada sumbernya.
  • Cahaya jenis ini secara khusus berguna di toko-toko retil untuk menyorot produk tertentu, seperti perhiasan, yang akan berkilau di bawa sorotan cahaya halogen bertegangan rendah.

Pencahayaan Light-Emitting Diode (LED)

  • LED tidak mengandung merkuri dan tetap dingin meskipun disentuh, sehingga membuatnya aman dan ramah lingkungan.
  • Kelebihan dari LED adalah:

– LED lebih bagus ditempatkan untuk pencahayaan satu arah dibandingkan lampu pijar atau lampu neon karena sorotan langsung mereka.

– Lampu LED berbentuk strip atau garis dapat diletakkan di bawah konter, sepanjang lorong, dan tangga sehingga dapat digunakan sebagai pencahayaan ruangan.

– Pencahayaan LED tidak menghasilkan radiasi infrared atau ultraviolet, yang menarik bagi serangga; sehingga bagus untuk digunakan di luar ruangan.

– Lampu LED lebih tidak mudah rusak.

  • Kekurangan dari LED adalah:

Peka terhadap panas: Panas yang berlebih atau penggunaan yang kurang tepat akan mengurangi output cahaya dan usia pemakaiannya secara drastic.

– LED lebih mahal dibandingkan lampu neon dan lampu pijar dan mungkin susah untuk ditemukan.

– LED biasanya memancarkan cahaya secara satu arah dengan sudut yang sempit dibandingkan dengan lampu pijar dan neon; sehingga lensa atau reflector dibutuhkan dalam usaha untuk memperluas sorotan ke arah yang dibutuhkan.

Kategori Efek Pencahayaan

Kategori dalam pengarahan desain:

  1. Pencahayaan Umum dan Sekitar

Pencahayaan umum biasanya dirancang ke dalam blueprint rumah.

Pencahayaan ambien berasal dari sumber tidak langsung yang memancarkan cahaya latar belakang melawan permukaan sesuatu, misalnya dinding atau plafon, memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan.

  1. Pencahayaan Untuk Pekerjaan

Pencahayaan untuk pekerjaan mengarahkan cahaya dalam jumlah yang cukup ke arah yang dibutuhkan untuk melakukan tugas yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan. Contohnya adalah membaca, mengetik atau mengolah kata, dan lain-lain.

  1. Pencahayaan Aksen dan Suasana Hati

Pencahayaan aksen atau pencahayaan artistik, biasanya berfokus pada karya seni atau aksesoris, untuk mempertegas objek.

Pencahayaan suasana hati membuat munculnya perasaan nyaman, seperti kontras pencahayaan lembut, redup, atau berkilau yang menyorot latar belakang berwarna gelap. Contoh: lampu yang diletakkan secara tersembunyi dan lampu untuk meja dan lantai.

  1. Pencahayaan Sebagai Karya Seni

Cara agar pencahayaan bisa menjadi artistik:

  • Seniman inovatif mengombinasikan cahaya dengan material dan tekstur lainnya untuk memunculkan efek artistik.
  • Cahaya berwarna dan motif dari cahaya dan kegelapan dari satu atau banyak sumber bisa mengubah pencahayaan menjadi karya seni.
  • Lembaran akrilik yang diberi lampu dan diukir akan membuat cahaya bersinar melalui bagian-bagian yang terukir, memberikan kemungkinan-kemungkinan desain tak terbatas untuk karya seni, lantai, dinding, dan area lainnya.
  • Pipa cahaya terbuat dari akrilik bisa menciptakan variasi cahaya dengan cara-cara yang artistik.
  • Cahaya laser, biasa digunakan saat pertunjukan cahaya, bisa dibuat stasioner ataupun berubah-ubah dan bisa memproyeksikan gambar kaya seni, furnitur, dan orang bahkan memberikan ilusi ruangan yang lebih luas.
  • Hologram menghasilkan gambar tiga dimensi yang luar biasa di udara.

Efek Pencahayaan pada Interior

  • Area tepian atau bidang cahaya merupakan area yang luas dan tepat untuk diberi pencahayaan. Itu dapat mencakup keseluruhan interior atau membuat area yang lebih kecil di dalam sebuah area yang luas.
  • Cahaya yang bersinar pada sudut yang curam atau sangat dekat dengan objek atau pada sebuah permukaan yang ‘menggores’ permukaan tersebut dengan pendaran cahaya.
  • Sebuah kolam cahaya adalah lingkaran cahaya yang dihasilkan oleh Spotlighting lebih dari satu arah mampu menyeimbangkan cahaya dan mempertegas detail dengan mengeliminasi bayangan.
  • Pencahayaan melingkar, di sekeliling bagian luar sebuah ruangan atau area, yang secara visual dapat memperluas ruangan tersebut.
  • Pencahayaan point atau pinpoint menyorot sebuah area kecil. Pencahayaan pinpoint dapat mempertegas atau membuat aksen bersinar jika terkena permukaan yang reflektif.
  • Pencahayaan line atau outline mempertegas sebuah bentuk atau menerangi sebuah area, seperti meja rias dan cermin, dengan garis yang terbuat dari lampu pijar atau dari lampu neon.
  • Pencahayaan siluet didapatkan dengan menyinarkan sebuah cahaya langsung pada sebuah objek sehingga bayangan di belakangnya mengikuti bentuk objek tersebut.
  • Cahaya yang bersinar ke atas di belakang objek, misalnya tananman dan karya seni, akan “mengimitasi” bentuk objek tersebut, sehingga membuat pola pada dinding atau langit-langit.

 

Cahaya, Pikiran, dan Tubuh

Seasonal Affective Disorder

  • Ini merupakan contoh dramatsi bagiamana cahaya dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh.
  • Gejala SAD meliputi lesu, mudah marah, dan peningkatan keinginan untuk tidur dan mengonsumsi karbohidrat.
  • Metode paling simpel dan terjangkau adalah dengan menggunakan lampu penyeimbang untuk mendapatkan spektrum penuh yang menyerupai sinar matahari. Kita akan merasa lebih tenang, enerjik, dan oprimis ketika cahaya naturan menjadi salah satu bagian dari rutinitas harian kita.

Memanipulasi Perasaan dengan Pencahayaan Interior

  1. Cahaya terang untuk area tertentu
  • Ini akan menstimulasi gelombang energi psikologis dan fisik yang temporer, yang dapat menyebabkan rasa lelah berlebih setelah paparan yang terlalu lama.
  • Pikiran akan menjadi bosan dan jenuh stelah sorotan cahaya terang secara terus-menerus.
  1. Level menengah hingga rendah dari pencahayaan tidak langsung
  • Pencahayaan mood bisa didapatkan dengan menaruh cahaya pada bagian belakang objek dan cahaya berkelip-kelip dari lilin, perapian, atau lampu api elektrik.
  • Lampu berwarna juga memiliki efek besar untuk pikiran dan tubuh.

Cahaya putih yang lembut dan hangat, cahaya berwarna yang hangat secara umum akan memberikan perasaan yang menyambut dan menggembirakan. Namun, cahaya dengan warna intens seperti merah terang, orange, dan kuning menyebabkan kelelahan pada mata.

Cahaya putih dan cahaya berwarna yang menyejukkan (biru, hijau muda, dan violet) memberikan perasaan kalem, suasana tenang tapi secara perlahan akan menimbulkan perasaan tak bersahabat, dingin, atau menekan.

Silauan

Silauan adalah cahaya berlebih yang menyebabkan iritasi atau kelelahan berlebih. Efek tidak menyenangkan tersebut berasal dari tumpukan panas dan juga kecerahan yang terlalu banyak dan dapat disebabkan oleh cahaya natural ataupun artifisial.

 

Terminologi Energi dan Satuan Ukuran

  • Lampu pijar dan neon diukur dalam footcandles, footlamberts, dan lumens. Istilah-istilah tersebut membuat teknisi dan desainer pencahayaan membuat dan mengevaluasi lampu untuk tujuan-tujuan spesifik.
  • Pencahayaan menjadi paling menarik ketika ukuran sorotannya dikontrol untuk membuat kolam cahaya atau mempertegas area tertentu atau titik fokus di dalam interior. Ini merupakan kelebihan lampu pijar dibandingkan lampu neon.

 

Perlengkapan Luminer atau Pencahayaan

Perlengkapan luminer atau pencahayaan terbagi menjadi dua kategori utama: pencahayaan arsitektural atau struktural dan pencahayaan non-arsitektural.

A. Pencahayaan Arsitekstural atau Struktural

Kategorinya adalah:

  1. Panel Cahaya

Panel cahaya adalah garis-garis cahaya di atas panel kaca atau plastik transparan ditempatkan. Panel transparan bercahaya, menghasilkan cahaya putih lembut atau berwarna, sesuai dengan tekstur dan warna dari kaca atau plastik tadi.

  1. Pencahayaan Tidak Langsung Built-in

Pencahayaan tidak langsung adalah menempatkan cahaya di belakang fitur built-in atau portabel.

  1. Luminer Fixed dan Adjustable

Kategori ini mencakup luminer yang dapat diletakkan di langit-langit, yang disebut luminer tersembunyi, yang dapat diatur. Luminer adjustable bisa disembunyikan atau dipasang di permukaan.

  1. Luminer Surface-Mounted dan Suspended Decorative

Kedua jenis luminer tersebut ditentukan berdasarkan bentuk dan gayanya. Kedua jenis tersebut menyediakan pencahayaan menyeluruh atau ambien dan menempatkan cahaya pada lapisan seimbang untuk pencahayaan ambien, pekerjaan, dan aksen.

B. Pencahayaan Non-Arsitektural

  • Disebut juga sebagai pencahayaan dekoratif yang
  • Perlengkapan ini termasuk variasi lampu lantai freestanding dan lampu yang diletakkan di atas meja untuk diletakkan di mana dan kapan pencahayaan dibutuhkan.
  • Berikut ini istilah-istilahnya:
  1. Lampu lantai adalah unit yang portabel dan freestanding dengan luminer yang bisa diatur dan tidak bisa diatur, yang menyediakan cahaya di mana dibutuhkan.
  2. Torchéres adalah lampu lantai portabel dengan pembaur yang mengarahkan cahaya ke langit-langit untuk melengkapi pencahayaan ambien. Mereka memiliki pengontrol keredupan.
  3. Desk lamps adalah luminer kecil dan portabel yang disesuaikan untuk penempatan yang pasti untuk pekerjaan tangan.
  4. Table lamps adalah luminer protabel yang tidak dapat disesuaikan yang memancarkan cahayan ke atas dan bawah untuk pencahayaan ambient dan pekerjaan, sering ditaruh di ujung dekat meja sofa atau
  5. Buffet lamps luminer portabel yang tinggi, ramping, dan tidak dapat diatur yang digunakan untuk memberikan cahaya lembut pada buffet makanan atau dekor dan untuk melengkapi pencahayaan ambien.
  6. Art lamps adalah luminer aksesoris, yang umumnya lebih kecil dari table lamp.

Ada beberapa perencanaan pencahayaan, yaitu:

  1. Perhatikan cahaya natural dari jendela atau kaca atap. Pertimbangkan kualitas dan kuantitas cahaya berkaitan dengan keseluruhan perencanaan pencahayaan.
  2. Tempatkan lampu artifisial yang paling terang pada titik fokus dan lampu penyeimbang pada beberapa titik fokus.
  3. Gunakan pencahayaan ambien/tidak langsung untuk mengisi latar belakang dari terang pencahayaan secara umum.
  4. Menambahkan pelengkap pencahayaan pekerjaan untuk tujuan tertentu seperti membaca atau kerja tangan dan mata lainnya.
  5. Menggunakan pencahayaan aksen untuk cahaya lembut, seperti lampu dinding, atau untuk meng-highlight sebuah karya seni atau aksesoris dekoratif.

 

Pencahayaan Untuk Masa Depan

Pertimbangkan tren-tren berikut ini:

Peningkatan efisiensi energi melalui sensor elektronik dapat menjadikan cahaya tertentu menyala dan mati sesuai dengan level dari cahaya natural, dan sensing device yang mengoperasikan pencahayaan sebagai respon untuk meradiasikan radiasi panas yang disebabkan oleh kehadiran manusian dan gerakan.

  • Alat seperti timers yang mengatur lampu supaya menyala dan mati menghindarkan rumah dari pencurian saat sedang tidak ada penghuninya.
  • Fleksibilitas yang lebih baik dalam efek pencahayaan.
  • Meningkatkan penggunaan pencahayaan artistik di dalam desain perumahan, termasuk juga pencahayaan katoda-dingin dan motivasi yang lebih banyak.
  • Peningkatan penggunaan pelayanan dari desainer pencahayaan, yang menciptakan efektivitas maksimum untuk pencahayaan, baik secara praktik maupun estetis.

 

Pertimbangan Kontrak

Tipe-tipe Pencahayaan Kontrak

  • Pencahayaan Natural Siang Hari

Cahaya natural siang hari hampir selalu butuh dilengkapi dengan cahaya artificial; system pencahayaan butuh kontrol yang teliti untuk menjaga keseimbangan cahaya yang sehat.

  • Pencahayaan Lampu Neon

Penggunaan pencahayaan kantor yang banyak, pencahayaan general untuk tempat-tempat umum seperti fasilitas transportasi, toko retil dan mall, pusat kesehatan, dan interior perhotelan diterangi dengan lampu neon yang ekonomis, dan untuk pencahayaan tersembunyi, begitu juga lampu meja dan dinding, menggunakan CFL.

  • Pencahayaan LED

Pencahayaan LED menjanjikan sebagai pesaing yang kuat dari lampu neon karena ke depannya, akan lebih banyak dicari pencahayaan yang lebih ekonomis.

  • Pencahayaan HID

Pencahayaan HID, atau high-intensity discharge, digunakan untuk interior yang terang dan pencahayaan eksterior. Lampu HID digunakan untuk menerangkan eksterior dari bangunan besar dan digunakan lebih sering di dalam interior bangunan kontrak.

  • Pencahayaan Kotada-Dingin

Pencahayaan katoda-dingin, atau pencahayaan neon, menggunakan gas atau uap yang berbeda untuk memproduksi warna.

  • Pencahayaan Motivasional dan Mood

Pencahayaan motivasional dapat menciptakan lingkungan di mana kualitas, intensitas, dan sudut cahaya menyebabkan ilusi kemunculan dan ketidakmunculan objek, dinding, langit-langit, dan bahkan keseluruhan ruangan.

  • Pencahayaan Keamanan

Pencahayaan keamanan dibutuhkan di tempat-tempat umum di mana ada tanda exit, misalnya. Pencahayaan keamanan lainnya disarankan oleh aturan-aturan bangunan, termasuk pencahayaan untuk lorong atau pintu masuk dan keluar dan pencahayaan untuk tangga dan bordes.

Pencahayaan kontrak untuk masa depan:

  • Perawatan yang lebih rendah berarti lampu akan bertahan lebih lama.
  • Penggunaan LED (light-emitting diode) akan meningkat.
  • Perkembangan lainnya akan menjadi semakin banyak digunakan, seperti sensing devices dan sistem pemantauan berbasis komputer.
  • Mengurangi cahaya silau kantor dapat dilakukan dengan memperbaiki penyebaran cahaya pada permukaan tempat bekerja.
  • Alat-alat dengan remote control yang dapat mengirimkan instruksi untuk pemrograman ulang kembali ke unit utama atau yang mengontol cahaya dari lokasi terpencil.
  • Meningkatkan teknologi cahaya natural.
  • Desain-desain baru secara terus-menerus muncul dalam pencahayaan sebagai karya seni dan peralatan luminer dekoratif.
  • Pencahayaan motivasional dan ilusi akan memegang peran penting dalam desain kontrak di masa depan, di ruang-ruang umum seperti bank, kantor, fasilitas medis, museum, bioskop, dan lain-lain.

 

Teknologi

Sistem Automatisasi Information-Age Rumah

  • Ada banyak pilihan koneksi untuk sistem automatisasi rumah, termasuk kontrol terprogram untuk pencahayaan, peralatan, jaringan komputer, televisi dan DVD players, koneksi satelit digital, dan pengawasan televisi untuk keamanan pintu dan jendela luar dan ruang bayi.
  • Sistem automatisasi rumah dapat menambah penghematan energi dengan mematikan peralatan elektronik dan pencahayaan ketika tidak ada orang di rumah atau ketika malam hari.

Saluran Information-Age dan Instalasi

  • Untuk automatisasi rumah dan multimedia, saluran terstruktur khusus sangat dibutuhkan.
  • Hal ini berkaitan dengan koneksi internet super cepat dan pengaturan energi yang canggih melalui kontrol konsumsi energi dan biaya energi.

Teknologi Wi-Fi

Wi-Fi adalah konektivitas tanpa kabel. Jaringan Wi-Fi bisa tersambung ke komputer kekluarga, media, dan alat-alat pajang untuk berbagi piranti keras dan sumber media seperti printer, audio files, dan internet akses.

Perencanaan Kabel

  • Saklar dan Stop Kontak

Saklar lampu bisa ditempatkan di satu, dua, atau bahkan tiga lokasi. Saklar sebaiknya bisa diakses dengan mudah pada area terbuka. Stop kontak dengan tombol adalah stop kontak yang bisa diaktifkan menggunakan tombol. Dengan begitu, lampu, pencahayaan sebagai karya seni, atau lampu dekoratif bisa dikontrol dengan tombol tersebut.

  • Kabel Untuk Bangunan Kontrak

Sistem pemasangan kabel untuk kantor terdiri dari stop kontak untuk perlengkapan bisnis dan pencahayaan yang terkoneksi dengan pemasangan kabel pada dinding, langit-langit, dan lantai. Saat dibutuhkan tambahan stop kontak, stop kontak multiple bisa dipasang setelah bangunan selesai dibangun.

Sistem Built-In Perumahan

  1. Sistem Siaga Api merupakan jaringan tunggal atau terinterkoneksi dengan pendeteksi asap dan alat pendeteksi panas yang memperingatkan penghuni akan adanya potensi bahaya api.
  2. Sistem Keamanan merupakan pengaman untuk apapun yang masuk, namun melanggar hukum. Ketika diaktifkan, system tersebut akan menyalakan lampu, membunyikan alarm, atau secara otomatis memberitahu petugas keamanan.
  3. Sistem Komunikasi di rumah adalah cara efektif untuk berkomunkasi dari satu area ke area lainnya tanpa perlu berteriak. Pemasangan kabel untuk sistem interkom harus dilakukan ketika rumah sedang dalam proses pembangunan.

Sistem Komunikasi dan Keamanan Bangunan Kontrak

  • Wi-Fi dapat menyediakan akses public di tempat ber-Wi-Fi, baik secara gratis ataupun berlangganan pada beragam jasa komersial. Wi-Fi bisa menjangkau seluas mungkin jika di-cover oleh sekumpulan access points dengan overlapping coverage.
  • Sistem Interkom membuat penghuni mampu berbicara dengan orang lain di area lain bangunan melalui unit yang ditempel di tembok atau ditaruh di meja. Di dalam instalasi kontrak, intercom mencakup pengeras suara dan alat respon dua arah tanpa tombol.
  • Sistem Telepon menghubungkan ruang-ruang kerja, terkadang menggunakan operator pusat, dan mengizinkan telepon untuk ditransfer, ditahan sejenak, dan melakukan panggilan melalui komputer.
  • Sistem Siaga Api merupakan keharusan di seluruh desain kontrak. Di kompleks yang luas, sensing devices terkoneksi dengan sebuah monitor pusat. Sistem percikan juga dibutuhkan untuk membantu memadamkan api.
  • Sistem Keamanan secara rutin dipasang di dalam interior bangunan kontrak, khususnya ritel dan area yang membutuhkan keamanan tinggi.
Share Post
Written by
No comments

LEAVE A COMMENT