Welcome To Our Magazine Website
 

Panduan Menemukan Desainer Interior yang Tepat

Menemukan jasa desain interior merupakan langkah awal yang akan menghasilkan perbedaan besar di akhir: baik atau buruk.

Bukanlah proses yang singkat dan mudah untuk menentukan jasa desain interior. Semakin banyak jasa desain interior yang tersedia, maka proses memilihnya pun semakin menantang. Proses pemilihan harus dilakukan dengan saksama karena Anda akan melakukan perombakan besar pada hunian Anda. Kalau salah memilih, maka Anda harus tinggal di tempat yang tidak sesuai dengan impian Anda itu atau kehilangan lebih banyak jika Anda ingin merombaknya kembali. Supaya hal-hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya Anda mengikuti panduan untuk menemukan jasa desainer interior berikut ini.

Menilai Kualitas Seorang Desainer Interior

cara-memilih-desainer-interior

source: scad.edu

Autentisitas Ide Desain

Melihat dari proyek yang sudah mereka lakukan di portofolio mereka, Anda bisa memastikan apakah ide mereka autentik atau tidak. Jika Anda pernah atau sering melihat desain seperti itu, coba browsing di internet tentang desain tersebut untuk memastikan keaslian ide desainer. Lalu, apabila Anda merasa desain yang digunakan dalam proyek-proyek mereka kurang menarik, maka sebaiknya Anda berpikir ulang. Ide desain merepresentasikan kualitas desainer tersebut. Desain yang merupakan hasil contekan atau desain yang kurang menarik tentunya menunjukkan kualitas buruk dari desainer tersebut.

Cari Tahu Pengalaman Kerjanya

Lakukan riset mengenai jasa desainer interior yang akan Anda gunakan. Lihatlah pengalaman kerja mereka melalui portofolio yang biasa disajikan dalam website mereka. Paling tidak, sudah ada 10 proyek yang pernah mereka kerjakan. Dengan begitu, Anda bisa melihat bagaimana hasil kerja mereka serta menilai apakah mereka dapat bekerja secara konsisten atau tidak. Kalau bisa, berbicaralah langsung dengan mereka dan tunjukkan rencana Anda sejak awal. Apabila mereka bisa memberikan pandangan yang futuristik dan menunjukkan bahwa mereka paham bagaimana mewujudkan desain Anda secara praktikal dengan penjelasan yang meyakinkan, maka Anda bisa mempercayai desainer interior ini. Supaya semakin yakin dengan kualitasnya, lanjut ke tahap berikutnya.

Pengetahuan Seputar Material dan Koneksi

Jasa desain interior yang sudah malang-melintang di dunia desain interior dalam waktu lama dan memiliki banyak proyek tentunya sudah menguasai pengetahuan seputar material dengan sangat baik. Tidak hanya itu, mereka pasti memiliki koneksi pengrajin, showroom, kontraktor, atau arsitek yang bagus. Cara mengetahuinya adalah dengan bertanya. Tanyakan material terbaik apa yang bisa mereka rekomendasikan untuk lantai, misalnya. Atau cat dinding merk apa yang bagus atau furniture dari mana yang harganya sesuai budget, awet, dan memiliki desain bagus. Buat mereka memberikan informasi sebanyak mungkin. Semakin banyak dan detail jawaban mereka, maka itu menunjukkan bahwa mereka sudah bekerja di bidang ini dalam waktu lama dan terus berkembang dalam setiap proyek yang mereka kerjakan.

Bisa Menyesuaikan Budget Anda

Tujuan kerja jasa desain interior adalah memenuhi kebutuhan klien dari berbagai aspek, termasuk keuangan. Apabila Anda menyampaikan anggaran dana Anda, kemudian jasa desainer interior tersebut dapat membantu Anda mewujudkan desain impian Anda sesuai budget, maka mereka dapat dinilai bagus karena mampu bekerja secara fleksibel. Ketika Anda ingin material atau furniture berkualitas terbaik, mereka dapat menemukannya untuk Anda. Begitu pula ketika Anda menargetkan untuk membeli yang berharga murah, namun dengan kualitas bagus.

Memiliki Kantor Sendiri

Berkembang atau tidaknya sebuah jasa desain interior dapat dilihat dengan mudah melalui kepemilikan kantor. Usaha jasa desain interior yang serius, tepercaya, berkualitas baik, dan terus berkembang tentunya memiliki kantor yang dapat dikunjungi orang setiap saat. Keberadaan bangunan fisik kantor akan menambah kepercayaan calon klien.

Langkah-langkah Memilih Desainer Interior

cara-memilih-desainer-interior

source: myperfectresume.com

Temukan Style Desain Interior Anda

Semua berawal dari diri Anda terlebih dahulu. Anda tentunya sudah memiliki gambaran seperti apa ruangan Anda ingin didesain dan itu berangkat dari style atau selera pribadi Anda. Kalau Anda belum menemukan style Anda, cobalah untuk menemukannya. Pikirkan hal-hal apa yang membuat Anda merasa senang, nyaman, dan percaya diri. Mulai dari warna, motif, bentuk, atau benda kesukaan Anda. Kombinasikan semuanya dan teriklah kesimpulan satu hal yang paling dominan, misalnya ternyata Anda memiliki kecenderungan menyukai tema monokrom-minimalis karena Anda suka warna hitam dan putih, motif zebra, dan bentuk yang sederhana.

Lihat Portofolio Desainer Interior yang Banyak

Mendapatkan portofolio desainer interior sekarang sangatlah mudah. Anda hanya perlu berselancar di dunia maya dan membuka website yang mereka punya. Desainer interior pasti selalu menyertakan portofolio hasil pekerjaan yang sudah mereka lakukan supaya calon pelanggan selanjutnya dapat menilai kualitas kerja mereka. Inilah yang akan Anda lakukan: menilai kualitas kerja. Cari desainer interior sebanyak mungkin, perhatikan baik-baik pada siapa mereka sudah bekerja sebelumnya dan lihat bagaimana desain interior yang pernah mereka kerjakan.

Bertemu dan Berkomunikasi dengan Desainer Interior

Ini merupakan tahapan yang krusial. Di sini, Anda akan memulai perjalanan perombakan rumah Anda lebih dalam lagi. Setelah menghubungi beberapa jasa desain interior dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, buatlah janji temu untuk membicarakan keinginan Anda dan menyepakati perjanjian untuk memulai proses mendesain dan merombak interior ruangan Anda.

Ketika bertemu dengan tim jasa desain interior ini, pastikan Anda sudah menyiapkan daftar pertanyaan yang penting untuk diajukan sebelum akhirnya deal untuk menyewa jasa mereka. Sampaikan bagaimana konsep desain yang Anda inginkan secara detail. Termasuk juga menjelaskan kondisi rumah Anda; apakah ada anak kecil, orang lanjut usia, hewan peliharaan, barang antik, atau kondisi tertentu yang harus diperhatikan secara khusus.

Pertanyaan yang Harus Diajukan ke Desainer Interior

cara-memilih-desainer-interior

source: normandyremodeling.com

Berapa Biaya Keseluruhan Jasanya?

Pertanyaan ini bisa diajukan sejak awal, bahkan memang sebaiknya begitu. Meskipun belum jumlah yang pasti karena nantinya masih disesuaikan dengan keinginan Anda, setidaknya Anda tahu perkiraan biayanya. Dengan mengetahui perkiraan biaya jasanya, Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda akan melanjutkan kerja sama dengan jasa desainer interior tersebut atau tidak. Daripada Anda sudah berbicara jauh, tapi ternyata setelah mengetahui harganya Anda menjadi ragu, sebaiknya Anda mengantisipasi sejauh apa Anda harus memaparkan ide Anda di awal dengan menanyakan kisaran biayanya. Pastikan tidak ada biaya yang disembunyikan, yang baru diberitahu di akhir kerja.

Apakah Bisa Mengikuti Desain yang Diinginkan?

Walaupun desainer interior memang harus mengutamakan keinginan klien, tapi ada baiknya jika Anda meyakinkan diri dengan mengonfirmasi kesanggupan mereka. Ajukan pertanyaan seputar kesanggupan mereka dan desain yang Anda inginkan, seperti ‘Apakah sebelumnya pernah membuat desain seperti ini?’ atau ‘Kalau saya ingin ruangan yang seperti ini, apakah menjadi masalah untuk Anda?’ dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Apa Saja yang Didapatkan dari Paket Jasa Tersebut?

Tanyakan apakah mereka bersedia melakukan perombakan besar dan kecil atau hanya salah satunya saja. Kemudian juga mengenai pembelian furniture dan dekorasi, siapa yang akan membeli dan di mana akan dibeli. Pastikan juga apakah mereka menyediakan kontraktor dan arsitek juga ataukah Anda harus mencarinya secara terpisah. Atau bahkan Anda ingin menggunakan kontraktor kepercayaan Anda, namun dipadukan dengan jasa desain interior tersebut.

Bagaimana Kalau Ada Perubahan?

Desain yang ada dalam bayangan Anda akan diwujudkan ke dalam gambar, baik 2D ataupun 3D. Perwujudan desain tersebut tentunya akan dikenai biaya. Karenanya, perlu Anda tanyakan apakah penggantian desain akan dikenakan biaya lagi atau tidak. Perubahan pun akan sangat mungkin terjadi sampai proses pengerjaan dan desainer interior pasti sudah tahu itu. Hanya saja, Anda perlu memastikan apa yang akan terjadi jika Anda ingin sesuatu yang berbeda dari desain yang sudah dibuat. Misalnya, Anda ingin menghilangkan atau menambahkan beberapa hal. Apakah ada biaya lagi untuk perubahan itu? Apakah ada biaya tambahan untuk konsultasi mengenai hal itu?

Bisakah Bekerja dengan Apa yang Sudah Dimiliki?

Baik untuk tujuan menghemat anggaran atau karena memang Anda tidak ingin furniture atau bagian tertentu hilang dari ruangan tersebut, Anda ingin desainer interior yang mampu bekerja tanpa menyingkirkan atau mengganti hal-hal tersebut. Diskusikan solusi terbaik untuk hal ini.

Butuh Waktu Berapa Lama Untuk Menyelesaikan Proyek Ini?

Dengan menanyakan pertanyaan ini, Anda bisa mengira-ngira berapa lama Anda harus terbiasa dengan proses renovasi selama Anda tetap tinggal di rumah tersebut. Anda bisa mengatur ulang jadwal arisan atau rapat di rumah Anda yang membutuhkan ruangan yang sedang direnovasi itu. Atau kalau Anda melakukan renovasi menyeluruh, Anda bisa memperkirakan berapa lama Anda harus tinggal di luar rumah. Misal Anda akan mengontrak rumah untuk sementara waktu, Anda bisa menghitung perkiraan biayanya.

Itulah panduan lengkap cara menemukan desainer interior supaya cocok dengan Anda. Dengan menggunakan panduan tersebut, Anda akan lebih terbantu dan terhindar dari penyesalan menerima hasil akhir perombakan desain interior ruangan Anda. Semoga membantu!

Image source: thoughtco.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.