Welcome To Our Magazine Website
 

Menjalin Hubungan Baik dengan Desainer Interior Anda

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan, dibutuhkan proses yang nyaman antara Anda dengan desainer interior.

Selama proses mencari hingga menemukan desainer interior yang tepat, yang sanggup mewujudkan ide perombakan ruang Anda, tentunya Anda pun berusaha mencari chemistry yang baik dengan desainer tersebut. Kenyamanan dalam pelaksanaan proyek merupakan hal yang penting dan kenyamanan tersebut salah satunya didapatkan dari hubungan Anda dengan desainer Anda karena Anda akan mengomunikasikan seluruh hal langsung dengan desainer interior, yang akan menyampaikannya pada kontraktor pelaksana proyek.  Untuk menjalin hubungan yang baik, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini.

Banyak Berkomunikasi

Komunikasi merupakan kunci paling penting untuk sebuah hubungan yang baik dengan siapapun. Tanpa adanya komunikasi, maka hubungan pun tidak akan berjalan dengan lancar. Hal ini juga harus diterapkan pada hubungan Anda dengan desainer interior Anda. Komunikasikanlah segala keinginan Anda terhadap perwujudan desain ruangan yang Anda inginkan sebelum proyek dimulai supaya tidak ada yang mengganjal atau tidak sesuai dengan keinginan Anda hanya karena Anda enggan untuk menyampaikannya. Tanyakan pula solusi terbaik untuk permasalahan perwujudan desain Anda apabila memang ditemukan beberapa masalah, seperti cara menyiasati ruangan yang sempit hingga mencari alternatif furnitur yang lebih murah namun kualitasnya tetap bagus.

Kemudian, beritahukan juga hal atau barang yang membuat Anda merasa kurang nyaman. Misalnya, Anda tidak suka ada lukisan besar di dalam ruangan karena itu membuat Anda tidak bisa merasa rileks. Serta beritahu juga apa yang dapat membuat Anda senang berada dalam sebuah ruangan, seperti keberadaan banyak cushion di sofa yang dapat menjadikan Anda sangat nyaman berlama-lama di sofa yang terletak di ruang keluarga. Dengan memberitahukan hal yang Anda sukai dan tidak, maka desainer interior akan memahami Anda lebih baik untuk menghindari miskomunikasi dan kekecewaan di kemudian hari.

Menghargai Pendapat

Sampaikan pula pada desainer Anda apabila mereka memiliki masukan atau kritik untuk desain Anda, mereka dapat memberitahu Anda untuk dipertimbangkan. Konsekuensinya, Anda tidak boleh tersinggung dengan saran yang diberikan. Kalau memang kurang sesuai dengan harapan atau prinsip Anda, maka sampaikanlah secara baik-baik agar tidak ada pihak yang merasa tidak dihormati. Saling menghargai pendapat sangat penting untuk diterapkan dalam hubungan Anda dengan desainer interior.

Ingatlah untuk selalu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang baik dan pada waktu yang tepat. Di samping itu, tanamkan dalam diri Anda bahwa pendapat dari desainer interior tidak dimaksudkan untuk mengubah desain yang Anda inginkan, namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Desainer interior yang baik akan tetap mengutamakan keinginan Anda, jadi apabila saran mereka tidak diambil, bukanlah sebuah masalah untuk mereka. Bekerjasalamalah sebaik mungkin karena selalu ada kemungkinan bahwa ide Anda dan desainer interior Anda jika digabungkan dapat melahirkan pemikiran yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Tidak Lepas Tangan

Desainer Interior - source: fdlhealthyair.com

Desainer Interior - source: fdlhealthyair.com

Mempekerjakan desainer interior memang bertujuan untuk membebaskan Anda dari keharusan mengurusi mengawasi proyek perombakan ruang Anda setiap saat dari awal hingga Anda mendapatkan interior ruangan yang baru. Namun, itu bukan berarti Anda benar-benar lepas tangan dari proses pelaksanaan proyek tersebut. Karena apabila Anda sama sekali tidak terlibat dalam pemantauan berlangsungnya proses pengerjaan, maka nantinya kalau ada kekurangan atau hal yang kurang sesuai, itu merupakan kesalahan Anda yang sebenarnya bisa dihindari. Dengan Anda melakukan pemantauan beberapa kali, maka Anda dapat memastikan pekerjaan berlangsung sesuai dengan kemauan dan rencana Anda.

Apabila Anda tidak bisa memantau progres pengerjaan proyek, maka sebagai gantinya, Anda dapat meminta tolong istri, anak, sahabat, atau orang kepercayaan Anda untuk melakukan pemantauan. Keinginan Anda untuk mengetahui progres tersebut dapat menunjukkan seberapa peduli Anda dengan proyek tersebut. Desainer interior akan terpacu untuk melakukan yang terbaik jika melihat dan menyadari bagaimana ekspektasi Anda terhadap hasil dari proyek tersebut melalui pemantauan langsung dari Anda atau orang yang Anda percayai.

Berkata Jujur

Kejujuran dalam proses pelaksanaan proyek perombakan desain interior sangat diperlukan agar Anda dapat memaksimalkan pekerjaan desainer interior Anda. Berkata jujur di sini mencakup beberapa hal penting. Pertama, Anda harus jujur kepada desainer interior Anda apabila ada hal yang kurang Anda sukai, berkaitan dengan pelaksanaan rencana desain, cara kerja, dan lain sebagainya. Kedua, sebaiknya Anda menyampaikan kepada desainer interior Anda jika ada masalah dalam pembiayaan karena hal ini merupakan hal sensitif dan krusial. Misalnya, ternyata tiba-tiba dana Anda tidak mencukupi, beritahukan hal ini kepada desainer interior Anda supaya segera mengubah beberapa rencana untuk menyesuaikan dana terkini. Jangan sampai proyek terus berjalan, namun nantinya Anda tidak dapat melunasi biaya jasa desain interior yang sudah Anda sewa.

Sepakati juga dengan desainer interior Anda untuk mengatakan sejujurnya tentang hal-hal yang penting berkaitan dengan pelaksanaan proyek perombakan ruangan Anda. Pastikan desainer interior Anda tidak menyembunyikan atau menutupi hal yang penting dan Anda baru mengetahuinya di kemudian hari sehingga itu menjadi sebuah masalah besar. Lakukan pelaksanaan proyek ini secara transparan dari berbagai aspek untuk menghindari konflik yang sebenarnya tidak semestinya terjadi.

Memberi Penghargaan

Penghargaan kecil yang tulus akan sangat berarti untuk hubungan Anda dengan desainer interior Anda.  Bentuk penghargaan dapat bermacam-macam, baik verbal maupun non-verbal. Contoh bentuk penghargaan verbal adalah ucapan pujian dan ucapan terima kasih yang tulus. Berikan pujian ketika desainer interior Anda melakukan kerja yang baik. Pujian seperti itu akan membuat mereka merasa dihargai dan diperhatikan. Lagipula, memberikan pujian tidak mengurangi apapun dalam hidup Anda, namun justru menambah nilai positif Anda. Setelah proses pelaksanaan proyek berlangsung, ucapkanlah terima kasih dengan setulus hati kepada desainer interior yang sudah sangat membantu Anda.

Selain itu, penghargaan juga dapat Anda berikan dengan membantu perkembangan usaha mereka/ Caranya tidak susah, Anda hanya perlu memberitahukan kualitas baik desainer interior tersebut pada orang-orang sekitar Anda dan merekomendasikan untuk menggunakan jasa mereka jika memerlukan perombakan desain interior. Bisa juga Anda menyampaikan penghargaan dengan memberikan kenang-kenangan serta ucapan terima kasih dalam rupa barang atau makanan.

Hubungan baik dengan desainer interior harus dibangun sejak awal, dikembangkan ketika proses pelaksanaan proyek, dan tetap dijaga hingga proyek selesai dikerjakan. Dengan begitu, Anda pun akan merasa nyaman selama proses perubahan desain interior ruangan Anda. Semuanya pun akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Setelah proyek selesai pun, Anda jadi memiliki kenalan desainer interior yang memiliki hubungan baik dengan Anda. Siapa tahu, suatu saat Anda dapat saling membantu dan menguntungkan satu sama lain.

Image source: creativetouchinteriors.ca

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.