Welcome To Our Magazine Website
 

Kiat-kiat Memilih Desainer Interior yang Tepat

Ada cara-cara yang harus Anda lakukan supaya desainer interior pilihan Anda menjadi yang paling tepat dan tidak membawa kekecewaan untuk Anda.

Desainer interior yang tepat akan sangat Anda butuhkan, baik dalam proses pembuatan rumah ataupun perombakan ruangan tertentu. Melalui bantuan desainer interior, bagian dalam rumah Anda akan terlihat menarik secara visual, namun juga tetap nyaman sebagai hunian. Karenanya, tidak sembarangan desainer interior dapat membantu Anda. Proses “seleksi” yang ketat harus Anda lakukan dengan kiat-kiat yang benar seperti berikut ini.

Temukan Style Anda

Semua berawal dari diri Anda terlebih dahulu. Anda tentunya sudah memiliki gambaran seperti apa ruangan Anda ingin didesain dan itu berangkat dari style atau selera pribadi Anda. Kalau Anda belum menemukan style Anda, cobalah untuk menemukannya. Pikirkan hal-hal apa yang membuat Anda merasa senang, nyaman, dan percaya diri. Mulai dari warna, motif, bentuk, atau benda kesukaan Anda. Kombinasikan semuanya dan tariklah kesimpulan satu hal yang paling dominan, misalnya ternyata Anda memiliki kecenderungan menyukai tema monokrom-minimalis karena Anda suka warna hitam dan putih, motif zebra, dan bentuk yang sederhana.

Kalau masih bingung, cobalah untuk melihat sekeliling Anda. Barang, motif, atau warna apa yang paling banyak Anda miliki. Kemudian, rasakan apakah Anda menyukai dan nyaman dengan keberadaan atau dominasi hal-hal tersebut. Bisa juga Anda bertanya pada orang-orang terdekat Anda, mengenai style apa yang sesuai dengan kepribadian Anda, dilihat dari kacamata mereka, lalu sinkron-kan dengan bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri.

Pilih Inspirasi Desain

cara-memilih-desainer-interior

source: sverigesbyggkonsulter.nu

Tahap selanjutnya setelah Anda menemukan style pribadi Anda adalah mencari inspirasi desain sebanyak mungkin. Sebagai contoh, dengan konsep minimalis dari kepribadian Anda, carilah berbagai inspirasi desain minimalis karena minimalis tidak hanya berarti menggunakan furniture dengan warna hitam dan putih. Cari tahu apa yang dimaksud dengan desain minimalis, kemudian tentukan unsur apa saja yang bisa Anda masukkan ke dalam desain tersebut.

Kalau Anda ingin memadukan dua konsep desain, pastikan keduanya sesuai. Atau sebagai solusi jika kedua konsep tersebut sulit untuk dijadikan satu, Anda bisa menerapkan konsep desain A dan B pada dua ruangan berbeda. Buatlah catatan furniture apa saja yang ingin Anda taruh di ruangan tersebut. Untuk setiap jenisnya, Anda bisa memberikan beberapa pilihan. Perhatikan juga keserasian bentuk-bentuk furniture supaya tetap dalam jalur konsep desain yang sama. Tidak ada salahnya juga untuk mengintip inspirasi dari desainer interior legendaris dunia atau bahkan desainer-desainer interior muda Indonesia yang tidak kalah hebatnya.

Lihat Portofolio yang Banyak

Mendapatkan portofolio desainer interior sekarang sangatlah mudah. Anda hanya perlu berselancar di dunia maya dan membuka website yang mereka punya. Desainer interior pasti selalu menyertakan portofolio hasil pekerjaan yang sudah mereka lakukan supaya calon pelanggan selanjutnya dapat menilai kualitas kerja mereka. Inilah yang akan Anda lakukan: menilai kualitas kerja. Cari desainer interior dengan portfolio yang menarik sebanyak mungkin, perhatikan baik-baik pada siapa mereka sudah bekerja sebelumnya dan lihat bagaimana desain interior yang pernah mereka kerjakan.

Simpanlah portofolio yang menurut Anda bagus beserta kontak yang bisa dihubungi. Dalam tahap ini, tidak ada salahnya Anda  memiliki daftar panjang jasa desain interior. Anda bisa mencatat desainer interior khusus di kota Anda saja atau bisa juga yang berasal dari kota lain, yang tentunya bersedia menggarap proyek di luar kota. Anda bahkan bisa juga mempertimbangkan jasa desainer interior online lho! Jangan takut akan ketidakpastiannya, selama Anda melakukan riset yang baik terhadap kredibilitasnya, platform jasa desain interior online ini justru bisa cukup menguntungkan Anda lho.

Menentukan Budget

Di tahapan ini, kombinasikan selera dan inspirasi desain Anda dengan portofolio yang sudah terkumpul. Kemudian, Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk mewujudkan inspirasi desain Anda menggunakan jasa desain interior yang sudah ada di daftar Anda. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki budget target, maka Anda bisa mengontak jasa desain interior yang cocok dengan keinginan Anda dan apabila harga yang ditawarkan terlalu jauh di atas target Anda, Anda bisa langsung mencoretnya dan beralih ke nama selanjutnya. Kumpulkan informasi sebanyak dan sejelas mungkin dari jasa desain interior yang anda hubungi.

Apabila ada jasa desain interior yang anda suka, namun budgetnya tidak sesuai, Anda bisa berpikir ulang. Apakah Anda akan mencari dana tambahan demi terwujudnya desain impian Anda atau Anda tetap akan berpegang pada rencana pembiayaan Anda, menggunakan jasa desain interior, kemudian menyempurnakannya sendiri di kemudian hari, sedikit demi sedikit sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Pilih Desainer yang Sejalan

Kalau Anda sudah beres dengan urusan budget, tentunya Anda sudah mendapatkan daftar jasa desain interior yang pas. Tahap berikutnya yaitu mempersempit daftar tersebut. Cek lagi portofolio jasa desain interior tadi, evaluasi biaya yang ditawarkan, dan benar-benar pikirkan dengan baik apakah desainer tersebut dapat mewujudkan desain impian Anda.

Supaya tidak membuang waktu dengan menemui desainer tersebut satu per satu untuk melihat reputasi dan hasil kerja mereka, Anda bisa mencari informasi desainer yang memenuhi kriteria desainer interior yang baik. Tidak hanya dari website mereka, tapi juga dari tulisan orang atau website lain. Lihat juga proyek apa yang paling bagus yang sudah mereka kerjakan. Dari sana, Anda bisa melihat pada desain apa mereka bisa bekerja dengan total. Tidak semua desainer interior memiliki kualitas yang mampu mewujudkan desain impian setiap orang dan benar-benar memurnikan ego mereka supaya tidak banyak mencekoki pelanggan dengan spesialisasi mereka. Maka dari itu, penting untuk Anda menemukan jasa desain interior yang sejalan dengan pemikiran Anda, bukannya mengatur pemikiran Anda.

Bertemu dan Berkomunikasi

cara-memilih-desainer-interior

source: linkedin.com

Ini merupakan tahapan yang krusial. Di sini, Anda akan memulai perjalanan perombakan rumah Anda lebih jauh lagi. Setelah menghubungi beberapa jasa desain interior dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, buatlah janji temu untuk membicarakan keinginan Anda dan menyepakati perjanjian untuk memulai proses mendesain dan merombak interior ruangan Anda.

Ketika bertemu dengan tim jasa desain interior ini, pastikan Anda sudah menyiapkan daftar pertanyaan yang penting untuk diajukan sebelum akhirnya deal untuk menyewa jasa mereka. Sampaikan bagaimana konsep desain yang Anda inginkan secara detail. Termasuk juga menjelaskan kondisi rumah Anda; apakah ada anak kecil, orang lanjut usia, hewan peliharaan, barang antik, atau kondisi tertentu yang harus diperhatikan secara khusus. Namun jangan terlalu khawatir Anda tidak akan mencakup semua yang harus diperjelas dalam pertanyaan yang sudah Anda buat, karena desainer interior yang baik pun akan mengajukan pertanyaan yang akan membuat konsep ruangan idaman Anda menjadi sangat jelas.

Anda juga sangat disarankan untuk membahas mengenai detail biaya supaya tidak terjadi salah paham sesudah penandatanganan kontrak kerja. Selain itu, Anda sebaiknya menjadi se-terbuka mungkin. Maksudnya, jika Anda kurang setuju dengan ide dari tim jasa desain interior tersebut, sampaikan secara baik-baik dan beritahukan apa yang Anda inginkan. Kalau perlu, cari solusi bersama untuk mencapai sebuah kesepakatan. Hindari untuk selalu menyetujui saran atau perkataan dari mereka hanya karena Anda tidak enak hati untuk menyanggahnya karena bisa jadi nantinya Anda kecewa dengan hasilnya. Meskipun mereka pakar dalam desain interior, tidak berarti semua yang mereka katakan harus dituruti. Kembali lagi, desain interior ruangan harus membuat Anda nyaman dan mendapatkan energi positif. Semua keputusan akhir berasal dari Anda.

Setelah menjalani langkah-langkah di atas, Anda bisa lanjut ke proses pembuatan kontrak agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan nantinya. Tapi, kalau masih ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan, mintalah waktu pada jasa desain interior tersebut sebelum akhirnya menandatangani kontrak.

Desainer interior tidak bisa didapatkan dengan cara yang mudah karena apabila Anda tidak berhati-hati, Anda bisa mendapatkan desainer interior yang kurang mampu memahami kehendak Anda. Terapkan kiat-kiat cermat memilih desainer interior di atas supaya Anda dapat menjalankan proses pencarian desainer interior dengan mulus dan mendapatkan yang benar-benar sesuai. Selamat memilih!

Image source: olivialazuardy.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.