Welcome To Our Magazine Website
 

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Desainer Interior

Menggunakan jasa desain interior bisa memberikan keuntungan serta kerugian untuk Anda. Lalu, haruskah Anda menggunakannya?

Hal pertama yang memberatkan biasanya adalah harga desainer interior. Padahal, di balik harga tersebut, ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Karenanya, tidak mudah untuk memutuskan akan menggunakan jasa desain interior atau tidak. Jangan mengambil keputusan tanpa pertimbangan matang untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari. Keputusan untuk menggunakan jasa desain interior atau tidak akan bisa Anda ambil setelah membaca penjelasan lengkap mengenai keuntungan dan kerugian dari penggunaan jasa desain interior berikut, yang akan memberikan pertimbangan tambahan untuk Anda.

Keuntungan yang Anda Dapatkan dari Desainer Interior

pro-dan-kontra-desainer-interior

source: mycity-web.com

Efektifitas Budget

Desainer interior tidak hanya mengurus tampilan estetis ruangan Anda saja, namun juga membantu Anda menganggarkan biaya secara efektif. Karena sudah memiliki pengalaman yang banyak dan memiliki banyak informasi, maka desainer interior dapat memberikan perkiraan biaya yang tidak akan banyak melenceng. Mereka pun akan membantu Anda untuk mengefektifkan budget yang Anda miliki dengan memberikan pilihan toko, pengrajin, atau showroom yang menjual material dan furnitur dengan berbagai range harga. Selain itu, efektifitas budget juga bisa didapatkan dengan membuat jadwal pengerjaan yang sistematis karena semakin lama proyek dilaksanakan, semakin besar pula biaya tambahannya.

Desain Terjamin

Proses pembuatan desain tentunya akan berjalan mulus dengan bantuan desainer interior. Tidak hanya gambar yang bagus, namun juga keterangan detail mengenai desain tersebut akan Anda dapatkan. Detail yang jelas seperti itu akan memberikan Anda gambaran awal bagaimana kira-kira proses kerja proyek Anda dan apa saja yang dibutuhkan untuk merombak ruangan Anda.

Mengetahui Hasil Akhir

Masih berkenaan dengan desain, jika Anda memakai jasa desainer interior, maka dalam proses persiapan di awal, Anda sudah akan tahu seperti apa ruangan Anda nantinya. Hal ini bisa Anda dapatkan melalui desain final, baik dalam format 2D ataupun 3D. Mintalah Desainer Interior Anda untuk membuat desain dalam format 3D kalau Anda ingin melihat desain yang sangat mirip dengan kenampakan asli nantinya.

Satu Untuk Semuanya

Melakukan proyek perombakan ruangan membutuhkan kerjasama desainer interior dan beberapa tukang atau kontraktor. Apabila Anda menggunakan jasa desainer interior, maka Anda hanya perlu menghubungi desainer interior saja. Kemudian untuk mencari kontraktornya, desainer interior akan melakukannya untuk Anda. Ini akan membuat Anda tidak perlu repot lagi karena hanya dengan menghubungi satu pihak, semuanya sudah dapat tertangani.

Banyak Koneksi

Banyaknya kenalan berbagai pihak yang mampu mendukung pelaksanaan sebuah proyek mendesain ruangan membuat desainer interior memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Ketika Anda bingung mencari furnitur yang cocok, maka desainer interior akan mengeluarkan daftar toko atau pengrajin yang dimiliki, yang sekiranya memiliki furnitur impian Anda. Juga ketika Anda memiliki budget terbatas untuk material, maka desainer interior akan memperkenalkan Anda pada toko material yang bagus dengan harga terjangkau.

Menghemat Waktu

Desainer interior akan sangat menghemat waktu Anda. Kalau Anda mengerjakan proyek perombakan ruang sendiri, maka akan banyak waktu yang tersita untuk mempersiapkan semuanya hingga pelaksanana proyek. Sementara, dengan mengandalkan desainer interior, maka Anda akan menghemat waktu Anda. Ketika desainer interior melakukan pembelian material atau furnitur, kalau Anda sudah mempercayakannya, maka Anda tidak perlu ikut dan bisa melakukan aktivitas Anda yang lain. Begitu pula ketika proyek sedang dilaksanakan, Anda tidak perlu mengeceknya setiap saat karena sudah diawasi oleh desainer interior Anda.

Optimalisasi Ruang

Pengetahuan yang mendalam seputar tata ruang akan membuat desainer interior Anda pintar dalam mengoptimalisasikan penggunaan ruang. Tidak akan ada area yang tidak terpakai atau malah digunakan untuk hal yang tidak fungsional. Desainer interior akan mengatur ruangan Anda sedemikian rupa untuk menciptakan ruangan yang nyaman dipandang dan dinikmati.

Kerugian Anda yang Menggunakan Desainer Interior

pro-dan-kontra-desainer-interior

source: propertymanagementinsider.com

Biaya Jasa Mereka

Berbeda kalau Anda mengerjakan semuanya sendiri. Biaya yang harus Anda keluarkan hanyalah biaya material, furnitur, instalasi beberapa hal, dan tukang atau kontraktor. Sementara kalau Anda menggunakan desainer interior, Anda pun harus membayar jasa mereka. Harga jasa tersebut mencakup konsultasi, pembuatan desain, perencanaan biaya dan timeline, dan tentunya waktu serta tenaga yang sudah dicurahkan desainer interior untuk melaksanakan proyek Anda.

Telat Memulai Proyek

Adanya rangkaian proses di awal ketika menggunakan jasa desain interior akan membuat proyek Anda dimulai lebih lama. Meskipun sebelumnya Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan dan mematangkan konsep, juga mencari-cari desainer interior yang menurut Anda cocok, begitu bertemu dengan desainer interior tersebut, hal yang harus Anda lakukan adalah menjabarkan konsep dan konsultasi. Kemudian tim desain interior akan brainstorming untuk menganalisa konsep Anda lebih dalam, setelahnya Anda akan bertemu lagi untuk finalisasi konsep dan pembuatan kesepakatan. Lalu, Anda baru benar-benar akan memulai proses pengerjaan proyek perombakan ruangan Anda.

Kehadiran Orang Asing

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan kehadiran orang asing di rumah Anda dalam kurun waktu cukup lama, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan jasa desainer interior. Desainer interior bersama timnya merupakan orang asing yang bisa saja membuat aktivitas Anda di rumah menjadi tidak nyaman apabila proyek yang Anda kerjakan adalah perombakan salah satu ruangan di rumah yang Anda tinggali.

Perbedaan Pendapat

Anda dan desainer interior merupakan dua orang yang berbeda, yang tentunya memiliki pemikiran yang berbeda. Meskipun desainer interior berusaha untuk mewujudkan konsep yang Anda inginkan, namun terkadang ada yang kurang bisa mengesampingka idealismenya, sehingga terkesan memaksakan pendapat untuk mengubah desain Anda sesuai dengan karakter khas desain mereka. Hal ini tentunya tidak akan nyaman untuk Anda karena nantinya Anda-lah yang akan menempati ruangan tersebut.

Menilik dari penjabaran keuntungan dan kerugian menggunakan desainer interior di atas, Anda tentu sudah mendapatkan tambahan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Buatlah catatan di mana Anda bisa menulis apa saja yang Anda butuhkan dan apakah kebutuhan tersebut bisa terbantu dengan kehadiran seorang desainer interior.

Image source: susielyonsinteriors.co.uk

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.