Welcome To Our Magazine Website
 

Harga Desainer Interior yang Pas

Berbicara soal harga desainer interior tentunya akan sangat menarik karena banyak orang ingin tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk sewa jasa desainer interior.

Menggunakan jasa desainer interior yang tepat dalam proses perombakan ruangan ataupun pembangunan sebuah bangunan baru sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Bahkan, untuk hasil bangunan—baik pribadi ataupun umum—dengan kualitas terbaik dibutuhkan tidak hanya jasa seorang arsitek saja, namun juga desainer interior. Desainer interior tentunya lebih memahami seluk-beluk penataan interior bangunan dibandingkan dengan arsitek. Meskipun bukan berarti bahwa arsitek tidak paham hal tersebut, hanya saja keduanya memiliki fokus yang berbeda. Untuk mendapatkan desain interior yang baik dan benar, Anda memerlukan bantuan khusus dari ahlinya, yakni desainer interior.

Pun begitu, masih banyak yang ragu untuk menggunakan jasa desainer interior karena tidak tahu berapa harga yang harus dibayar untuk itu. Sebenarnya, harga jasa desainer interior sangat beragam, berbeda satu dengan lainnya. Hal tersebut dikarenakan faktor pengalaman, penguasaan profesi, teknik pemasaran, dan lain sebagainya. Karenanya, untuk mengetahui dan mendapatkan harga jasa yang pas dari seorang desainer interior, diperlukan beberapa langkah di bawah ini.

Menentukan Desain Awal

Anda sebaiknya sudah memiliki desain awal konsep desain ruangan Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membuat gambar desain yang jelas, sehingga apabila datang ke desainer interior, tidak perlu ada proses mendesain, yang tentunya menghemat salah satu ongkos yang harus dibayar untuk konsultasi dengan desainer interior. Namun, kalau Anda tidak bisa menyiapkan desain Anda sendiri, tidak masalah. Setidaknya, Anda bisa membuat gambar corat-coret yang bisa menjelaskan furnitur dan material apa saja yang Anda butuhkan dalam ruangan tersebut. Rancangan desain dan daftar furnitur atau dekorasi yang Anda incar akan membantu Anda dan desainer Anda nantinya.

Setelah itu, carilah kisaran harga material dan furnitur yang ada di dalam desain Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui berapa biaya kira-kira yang Anda butuhkan. Pastikan Anda menambahkan sejumlah biaya untuk harga jasa desainer interior itu sendiri.

Mencari Banyak Referensi

harga-desainer-interior

source: cgds.com.au

Setelah memiliki konsep awal yang pasti dan rancangan biaya, sekarang waktunya Anda untuk mengumpulkan referensi sebanyak mungkin. Anda bisa mendapatkan referensi dari internet, majalah, atau kenalan Anda. Tidak hanya sebatas mengumpulkan saja, namun Anda juga harus menindaklanjuti dengan menghubungi atau langsung mendatangi kantor jasa desain interior tersebut.

Selain datang langsung ke kantor jasa desain interior, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk tahu perkiraan biaya jasa desain interior yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai referensi. Anda bisa mencaritahu rata-rata harga desainer interior, khususnya di sekitaran tempat tinggal atau kota di mana Anda berada, dengan bertanya pada teman atau keluarga Anda yang pernah menggunakan jasa desainer interior. Menanyakan hal tersebut pada orang yang pernah menggunakan jasa tersebut secara langsung akan membuat Anda mendapatkan perkiraan biaya yang persis.

Proses pengumpulan referensi bisa jadi memakan waktu yang lama akibat beberapa faktor. Meskipun begitu, selama Anda tidak terburu-buru, maka lakukanlah proses ini dengan senang hati karena kalau nantinya Anda mendapatkan desainer interior berkualitas bagus dengan harga yang bagus pula, maka Anda akan merasa bangga dan menghargai ketekunan Anda dalam proses pencarian.

Menemui dan Menyampaikan

Kalau Anda sudah mengumpulkan informasi yang memadai seputar kualitas dan harga desainer interior dari beberapa tempat, maka untuk mendapatkan informasi terbaru yang terjamin kebenarannya, Anda harus mengunjungi desainer interior tersebut. Temuilah desainer interior yang portofolionya paling cocok dengan konsep desain Anda dan setelah dikira-kira, cocok dengan budget Anda. Sampaikanlah konsep desain yang sudah Anda rancang secara detail sebelumnya. Dengan begitu, desainer interior akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan konsep Anda dan mulai membuat perkiraan biaya. Pastikan proses menyusun perkiraan biaya dilakukan bersama Anda supaya Anda juga bisa mengecek apakah biaya yang dibutuhkan memang benar seperti apa yang mereka tulis. Anda dapat membandingkannya dengan berbagai sumber. Apabila ada selisih harga, mintalah penjelasan dari desainer interior Anda.

Sementara kalau Anda memilih jasa design & build, yang berarti desainer interior akan membuat desain untuk interior ruangan Anda, kemudian mereka jugalah yang akan akan melakukan proses perombakan dan pengisian furnitur, maka Anda tidak perlu repot membuat desain terlebih dahulu sebelumnya. Sebagai gantinya, Anda harus mendeskripsikan desain yang Anda inginkan dan ceritakan juga tentang diri Anda supaya desainer interior mampu membuat desain yang tidak hanya sesuai dengan keinginan Anda, tapi juga kepribadian Anda. Hal tersebut akan membuat Anda merasa menyatu dengan ruangan Anda nantinya. Komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam proses ini supaya tidak terjadi kesalahan interpretasi maksud yang akan membawa Anda pada desain yang tidak sesuai.

Di sini, Anda juga bisa menyebutkan apabila Anda ingin menggunakan material dan furnitur terbaik tanpa peduli berapapun harganya atau Anda ingin mendapatkan yang berkualitas bagus dengan harga terjangkau. Desainer interior yang memiliki banyak relasi akan memberikan Anda pilihan dengan mudah. Namun, apabila Anda hanya ingin membuatkan desain saja, desainer interior tidak akan menolak. Setelah Anda membayar biaya desain, maka pengerjaan selanjutnya dapat Anda lakukan sendiri.

Melakukan Negosiasi

Di tahap negosiasi ini, Anda bisa menentukan harga yang akan Anda bayarkan untuk jasa mereka. Memang cara-cara pembayaran jasa desain interior ditentukan oleh mereka, tapi biasanya setiap jasa desain interior akan memberikan pilihan beberapa cara untuk mempermudah klien. Ada cara pembayaran dengan hitungan per meter persegi luas ruangan. Biasanya, harga yang dipatok sekitar Rp 250.000 – Rp 400.000, tapi semua itu tergantung kualitas, profesionalitas, dan autentisitas karya desainer interior tersebut. Kemudian, ada juga cara perhitungan biaya jasa menggunakan persentase, yang berarti desainer interior akan memasang biaya beberapa persen dari total biaya produksi yang telah disepakati.

Maka dari itu, jika Anda mengharapkan hasil yang bagus dan tidak mengecewakan, maka Anda harus memilih desainer interior yang memiliki banyak pengalaman dan bertanggungjawab. Tentunya selalu ada keuntungan dan kerugian tersendiri dalam menggunakan jasa desain interior. Namun, perlu diingat bahwa untuk kualitas terbaik itu, Anda pun harus membayar biaya yang tidak sedikit. Jangan pula mudah tergiur dengan jasa desain interior gratis, teliti dulu apa yang sebenarnya ditawarkan. Anda mungkin bisa mencoba untuk melakukan tawar-menawar, tapi ingatlah bahwa Anda tetap harus menghargai kreativitas dan kompetensi mereka dengan harga yang layak, karena itulah menemukan desainer interior yang sesuai budget Anda pun menjadi begitu penting. Ketika desainer interior merasa dihargai dengan baik dari awal, maka mereka yang profesional itu pun akan bekerja dengan total untuk menghasilkan desain interior yang terbaik untuk Anda.

Kalau Anda melakukan cara-cara di atas, maka Anda pun akan bisa menentukan harga desainer interior yang tepat. Anda pun dapat mulai menyiapkan dana untuk menjalankan proyek tersebut sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Semoga Anda mendapatkan hasil interior ruangan sesuai apa yang Anda inginkan, dengan biaya yang cocok di kantong.

Image source: stuartvicksmith.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.