Welcome To Our Magazine Website
 

Harga Desainer Interior: Bagaimana Menentukannya?

 

Sebelum menggunakan jasa desainer interior, sebaiknya Anda tahu bagaimana mereka menetapkan tarif harga.

Harga desainer interior akan sepadan dengan kualitas kemampuan yang ditawarkan. Desainer interior yang bagus tidak akan memberikan jasa mereka secara cuma-cuma karena membuat desain interior membutuhkan kreativitas tinggi. Sedangkan, kreativitas merupakan hal yang harus dihargai dengan layak. Karenanya, tidak heran kalau desainer interior pasti mematok harga tertentu, sesuai dengan kemampuan yang bisa mereka tawarkan. Ada 4 cara menentukan harga jasa desainer interior yang biasa mereka gunakan, seperti berikut ini.

Daftar 4 Cara Penentuan Harga Jasa Desainer Interior

Cost Plus

Cost plus atau biaya tambahan merupakan cara penerapan biaya dengan menambahkan biaya ekstra pada total harga pembelanjaan material dan furnitur. Misalnya, desainer interior membelanjakan material dan furnitur seharga Rp 25.000.000, kemudian tambahan biaya yang disepakati adalah 20% dan membayar untuk jasa desainer interior tersebut, maka Anda sebagai klien harus membayar sebesar Rp 30.000.000.

Jangan khawatir, hal ini sudah tertulis jelas di kontrak yang telah disepakati bersama di awal. Berapa besar biaya ekstranya pun sudah tertera di dalam kontrak, sehingga kalau seandainya ada yang menyalahi kontrak, baik Anda yang tidak mau membayar sejumlah yang telah disepakati atau desainer interior menambahkan jumlah yang disepakati, maka bisa diproses ke ranah hukum dengan adanya kontrak tersebut.

Hourly Rate

Tarif per jam juga dapat diterapkan untuk jasa desainer interior. Namun, penerapan tarif seperti ini biasanya tidak dilakukan pada semua jenis proyek. Dikarenakan penerapan tarif ini cara penghitungan total pembiayaannya adalah berdasarkan total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut, maka desainer interior menggunakan cara ini untuk proyek kecil yang beresiko rendah.

Per Square Meter

Desainer komersial biasanya akan menggunakan cara pembiayaan per meter persegi karena dianggap efektif berdasarkan ukuran properti yang ada. Beberapa desainer menerapkan biaya minimum untuk mencakup jumlah pekerjaan pada sebuah ruangan berukuran kecil, sehingga Anda harus membayar biaya minimum tersebut. Atau biayanya juga bisa berdasarkan ukuran asli ruangan, yang tentunya lebih besar.

Fixed Rate

Biaya rata merupakan sebuah harga yang mencakup semua pekerjaan, material, dan biaya lainnya. Pembiayaan ini merupakan yang paling simpel untuk proyek-proyek yang besar. Selain itu, sebagai klien, Anda akan merasa diuntungkan karena Anda akan tahu berapa persisnya biaya yang harus Anda bayar untuk proyek yang akan Anda percayakan pada desainer interior tersebut.

Apakah Layak Menggunakan Jasa Desainer Interior?

harga-desainer-interior

source: dkorinteriors.com

Menggunakan jasa desainer interior dalam merombak atau mengonsep ruangan baru di rumah Anda akan memberikan beberapa keuntungan. Pertama, Anda akan mendapatkan masukkan dan bimbingan hingga mendapatkan konsep desain terbaik dari ahlinya. Kedua, Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam mencari material dan furnitur atau dekorasi dari koneksi yang dimiliki desainer interior. Ketiga, waktu dan biaya Anda akan terpakai secara efisien sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kesimpulannya, jasa desainer interior akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil desain ruangan yang baik secara visual dan fungsi. Meskipun ada biaya ekstra yang harus Anda keluarkan untuk membayar jasanya, namun hal tersebut setara dengan biaya ekstra yang bisa saja keluar ketika Anda mengerjakan proyek Anda sendiri, tanpa pengetahuan desain yang memadai.

Ketahui seberapa besar proyek perombakan ruangan yang akan Anda lakukan, kemudian kalau ada kemungkinan untuk Anda menentukan cara pembayarannya, maka pilihlah yang menurut Anda paling sesuai. Tidak perlu segan untuk bertanya apa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis pembayaran pada desainer interior Anda supaya Anda mendapatkan gambaran jelas sebelum memutuskan.

Image source: iaqmex.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.