Welcome To Our Magazine Website
 

Desainer Interior Indonesia yang Mendunia

Desainer interior Indonesia tidak hanya berkarya di dalam negeri saja, tapi sudah merambah kesuksesan hingga ke luar negeri.

Bukannya ingin berkarya di luar negeri, namun mereka masih mencintai negeri ini, sehingga mereka terus belajar dan berkarya di mana-mana untuk menggemakan nama Indonesia di berbagai sudut dunia. Desainer-desainer interior dari Indonesia ini memiliki semangat kerja yang tinggi dan keinginan untuk terus berkembang. Mereka tidak membatasi diri mereka dalam berkarya, di manapun dan untuk siapapun, selama mereka nyaman dan bahagia dalam melakukannya. Ini dia tiga orang desainer kenamaan Indonesia yang sudah membawa karya mereka ke level dunia.

Irma Hardjakusumah

Perhelatan Piala Oscar pada tahun 2015 menjadi hal yang tak akan terlupakan oleh Irma Hardjakusumah karena ia yang bekerjasama dengan Cheryl Cecchetto, mendesain Governor’s Ball Oscar ke-87 di Hollywood & Highland Center Los Angeles, dengan tema Hollywood tempo dulu yang mengambil setting Hollywood tahun 1920 sampai 1940. Tidak hanya itu, dua tahun sebelumnya atau tahun 2013, ia pun merancang lokasi pelaksanaan Emmy Awards. Kedua proyek tersebut menunjukkan eksistensi biro konsultan desain miliknya, Ethos Design, yang berdiri sejak 2011. Sudah banyak pameran dan acara besar produk kenamaan dunia yang menggunakan jasa desain Ethos Design, sebut saja Mattel, Audi, McDonald’s, Tiffany & Co., dan lain-lain.

Irma Hardjakusumah adalah seorang sarjana arsitektur dari Universitas Indonesia yang kemudian meneruskan studi ke University of California dengan mengambil jurusan seni dan desain, juga belajar di Art Center College of Design California.

Revano Satria

desainer-interior-indonesia-yang-mendunia

source: imgrum.org

Revano Satria meraih gelar Master Degree di Architectural Association School of Architecture London. Di sana, ia mengenal tiga orang dari Siprus, Kuwait, dan Libanon yang kemudian menjadi rekanan kerja karena memiliki visi yang sama dalam membuat karya arsitektur. Revano Satria, Pavlos Schizas, Mohammed Makki, dan Michel Moukarzel mendirikan MSSM Associates pada tahun 2010 di London. Proyek internasional yang pernah mereka buat di antaranya The New Heathrow Airport London dan IKEA Center di Cina. Pada tahun 2012, MSSM Associates membuka empat kantor internasional di keempat negara asal mereka.

Sekarang, Revano Satria memegang firma RSI Group yang merupakan perusahaan desain multi-disiplin yang mencakup kerja arsitektur (MSSM Associates), interior (revastudio), grafis (leopard-turtle), dan desain produk dan produksi furnitur (flux). Proyek dan karya RSI Group tidak hanya bermekaran di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain.

Lea Aziz

desainer-interior-indonesia-yang-mendunia

source: casaindonesia.com

Para desainer interior Indonesia memiliki sebuah himpunan bernama Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) yang pernah diketuai oleh Lea Aziz pada tahun 2013-2015. Lea Aziz mengambil pendidikan arsitektur interior di Academy of Art College University San Fransisco yang mengharuskannya untuk mengambil kerja praktik di mana dia bekerja menjadi junior designer dalam kurun waktu 1 tahun di Gensler Association San Fransisco.

Saat ini, Lea Aziz menjalankan perusahaan desain interior, PT. Elenbee Dwi Panata yang berkantor di Jakarta Selatan. Di samping bisnis desain interiornya, Lea Aziz juga merupakan seorang dosen, dan pembicara. Sebagai pembicara, ia kerap diundang untuk berbicara di seminar-seminar luar negeri, misalnya International Gathering of Designers di Cina. Pada seminar tersebut, ia membicarakan tentang desain bandara di Indonesia karena ia memang terlibat dalam pembangunan bandara di negeri ini.

Keberadaan desainer interior yang mampu menembus batas negeri dengan berkarya di luar negeri patut kita apresiasi, bukannya dicemooh. Mereka tentu tidak melupakan asal mereka, yakni Indonesia. Semakin bersinar karya mereka di negeri orang, maka orang-orang akan mengetahui dari mana mereka berasal. Hal tersebut dapat membuat Indonesia semakin dikenal luas. Semoga mereka terus berkarya dan membanggakan nama Indonesia.

Image source: voaindonesia.com

Share Post
Written by
No comments

LEAVE A COMMENT