Welcome To Our Magazine Website
 

Cara Mendapatkan Uang Sebagai Desainer Interior

Profesi sebagai seorang desainer interior semakin banyak dilakoni karena bisnis yang berkaitan dengan tempat tinggal akan terus berkembang.

Harga desainer interior pun terbilang menjanjikan sebagai pemasukan reguler. Karenanya, jumlah bisnis desain interior semakin menjamur di Indonesia, yang sekaligus menunjukkan semakin berkembangnya kemampuan anak bangsa dalam bidang seni. Hal tersebut sudah tentu menjadi tantangan bagi bisnis-bisnis desain interior yang baru muncul atau bahkan baru mau memulai. Jika Anda termasuk satu dari sekian orang yang baru memiliki usaha jasa desain interior atau baru mau membentuk bisnis tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini demi pendapatan yang konstan, bahkan membanggakan.

Membuat Portofolio yang Menarik dan Jelas

Portofolio merupakan senjata utama seorang desainer interior. Apalagi, sekarang bisnis interior banyak dikenalkan dan dipromosikan melalui website yang mengikuti perkembangan zaman yang serba praktis dan modern ini. Dengan menggunakan website, Anda pun dapat membuat portofolio yang sangat menarik. Setiap kali Anda mengerjakan sebuah proyek, ambillah gambar sebanyak mungkin, mulai dari proses sebelum perombakan, ketika proses berlangsung, hingga saat proyek sudah selesai. Taruhlah foto-foto pelaksanaan proyek tersebut di dalam portofolio untuk memberikan gambaran proses kerja dan hasil akhir yang dapat Anda tawarkan pada calon klien.

Kemudian, akan lebih baik apabila Anda memberikan keterangan yang jelas dan singkat untuk setiap proyek yang Anda tunjukkan di dalam portofolio tersebut. Keterangan tersebut bisa mencakup inspirasi desain, lama pengerjaan, material yang istimewa, dan seterusnya. Dengan itu, calon klien dapat menilai kualitas kerja jasa desain interior Anda. Anda pun dapat menambahkan informasi mengenai diri Anda sebagai seorang desainer interior karena latar belakang, pengalaman, dan prestasi Anda bisa menjadi daya tarik bagi calon klien, bahkan memunculkan kepercayaan untuk melakukan kerjasama. Ingatlah juga untuk terus memperbarui portofolio Anda supaya terlihat bahwa usaha Anda berjalan dan berkembang dengan baik.

Memberikan Kontak yang Bisa Dihubungi

bekerja-sebagai-desainer-interior

source: edutopia.org

Anda membuat website dengan tujuan untuk memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas dan tentunya mendapatkan klien sebanyak mungkin. Karenanya jangan sampai Anda menjadi sebuah usaha yang misterius. Maksudnya, kalau Anda sudah membawa bisnis Anda ke website, dunia yang mudah diakses siapapun di manapun, berarti Anda juga harus siap untuk dihubungi kapan saja dan oleh siapa saja yang tertarik untuk mengetahui bisnis Anda lebih jauh atau ingin mendapatkan informasi seputar penggunaan jasa yang Anda miliki, yang tentunya bisa membawa Anda untuk mendapatkan klien. Untuk itu, cantumkan kontak yang dapat dihubungi.

Kontak yang dicantumkan harus jelas, meliputi alamat kantor, nomor telepon kantor atau nomor HP Anda langsung, dan alamat e-mail. Perlu diingat bahwa keberadaan kantor dalam bentuk bangunan fisik akan menambah keyakinan calon klien terhadap bisnis Anda. Pastikan Anda tidak mempersulit calon klien dengan kontak yang tidak jelas atau susah dihubungi, yang akan menjauhkan Anda dari rezeki yang sebenarnya akan datang.

Tidak Terlalu Memilih Pekerjaan di Awal

Kalau bisnis Anda masih baru, ada baiknya Anda tidak perlu memasang target jenis klien yang terlalu ‘tinggi’ terlebih dahulu. Apabila Anda bisa melakukan proyek kecil dengan sangat baik, maka Anda akan belajar banyak dari proyek tersebut dan kelak pastinya akan dipercaya untuk proyek yang lebih besar. Anda bisa memulai dengan menerima atau bahkan menawarkan jasa mendesain apartemen teman atau kerabat Anda. Meskipun bukan proyek dalam skala besar, namun Anda harus menunjukkan ketekunan dan keseriusan Anda dalam bekerja. Karena jika dalam mengerjakan proyek kecil saja Anda tidak bisa maksimal, maka orang akan meragukan kemampuan Anda. Seorang desainer interior yang bagus tentunya mampu dihadapkan pada berbagai jenis proyek.

Mengutamakan Kejelasan dan Tranparansi

Komunikasi dengan klien merupakan kunci penting dalam proses pengerjaan desain interior. Dalam berkomunikasi inilah Anda harus benar-benar jelas. Jelas di sini berarti Anda mendapatkan informasi yang jelas dari klien, yang apabila belum Anda dapatkan, bisa diusahakan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mampu membuat klien mengutarakan maksud dan konsepnya secara jelas dan jujur. Anda perlu benar-benar tahu apa yang diinginkan klien karena tugas seorang desainer interiorlah untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk ditempati.

Selain itu, Anda pun juga harus jelas pada klien, yang berarti Anda harus menyampaikan apabila ada saran yang membangun berkaitan dengan konsep yang dimiliki klien. Juga, jawablah pertanyaan-pertanyaan dari klien dengan jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman. Kemudian, Anda juga harus jelas ketika menyusun jadwal pengerjaan proyek supaya klien tidak bingung dan bisa tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan. Selain kejelasan, utamakan juga transparansi, terutama mengenai anggaran biaya yang merupakan hal krusial untuk klien. Sampaikanlah di awal apabila memang ada kemungkinan tambahan biaya supaya klien tidak merasa dicurangi.

Bekerja Secara Profesional dan Terpercaya

bekerja-sebagai-desainer-interior

source: mindmeister.com

Berani membuka usaha berarti Anda juga berani untuk berkomitmen bekerja dalam profesionalitas. Tidak perlu menggembar-gemborkan apa yang sebenarnya belum pernah atau tidak yakin bisa Anda lakukan karena klien yang peka akan merasakan itu dan justru merasa tidak percaya dengan Anda. Sebaliknya, tonjolkan bidang-bidang yang Anda kuasai dengan memberikan informasi yang benar dan tepercaya. Kemudian, ketika Anda diberikan sebuah proyek, apapun jenisnya, lakukanlah dengan total. Bagaimanapun, proyek yang Anda kerjakan sekarang bisa menjadi awal kesuksesan bisnis Anda. Anda tidak akan pernah tahu, maka dari itu akan baik jika Anda selalu memberikan yang terbaik. Jalinlah hubungan yang baik pula dengan klien dari awal, bahkan hingga proyek sudah selesai.

Menjalankan bisnis jasa yang sudah memiliki banyak kompetitor memang tidak mudah, namun kalau Anda tahu poin-poin di mana bisnis Anda bisa menjadi lebih unggul dibanding yang lainnya, Anda bisa menjadi lebih optimis. Seperti hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, lakukanlah untuk membuat bisnis Anda berjalan baik dan semakin berkembang.

Image source: thebalance.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.