Welcome To Our Magazine Website
 

Bagaimana Memaksimalkan Kerja Desainer Interior?

Kerja seorang desainer interior bisa jadi kurang maksimal apabila Anda sendiri kurang aktif dalam proses diskusi ataupun pengerjaannya.

Untuk itu, Anda harus menjalin hubungan dengan desainer interior secara baik dengan melakukan beberapa hal secara aktif. Tidak perlu malu atau ragu-ragu untuk melakukannya karena apabila Anda tidak melakukannya, justru Anda yang akan rugi. Berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan supaya desainer interior Anda bekerja dengan maksimal dan Anda pun bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Jelaskan Secara Mendetail

Miskomunikasi sangat mungkin terjadi dalam diskusi karena ketidakjelasan penyampaian. Maka dari itu, ketika menyampaikan konsep yang Anda miliki, sampaikan secara perlahan-lahan. Kalau perlu, catat dulu hal-hal apa saja yang harus disampaikan sebelum bertemu dengan desainer interior Anda. Kemudian, jelaskan dari mana Anda mendapatkan inspirasi desain tersebut. Tidak lupa, bawalah foto ruangan yang akan Anda rombak atau bisa juga Anda mengajak desainer interior Anda untuk berdiskusi langsung di lokasi supaya lebih praktis dan efektif.

Sampaikan Keinginan Anda

Anda harus menyampaikan secara jujur apa saja yang Anda inginkan ada di ruangan tersebut hingga apa yang tidak Anda inginkan. Mungkin tidak semua barang atau hal kesukaan Anda bisa dihadirkan di sana, namun melalui cerita dan penjelasan Anda, maka desainer interior dapat memutuskan barang atau hal apa yang bisa dijadikan prioritas. Katakan juga suasana apa yang Anda inginkan untuk ruangan tersebut. Tidak ada salahnya juga jika Anda menyampaikan langsung material seperti apa yang ingin Anda gunakan dan furnitur bertema apa yang Anda inginkan.

Ajukan Banyak Pertanyaan

memaksimalkan-kerja-desainer-interior

source: theblog.qccareerschool.com

Mengajukan pertanyaan sangat disarankan supaya desainer interior memahami kebutuhan dan kekhawatiran Anda, sekaligus Anda juga dapat menilai pengetahuan desainer interior Anda melalui jawaban-jawaban yang diberikan. Contoh pertanyaannya bisa seperti, ‘Apakah mungkin menambahkan armchair di sudut tersebut?’ atau ‘Material apa yang murah, namun terlihat mahal untuk rak pajang di sebelah sana?’ Anda tidak perlu ragu untuk mengajukan pertanyaan supaya desainer interior mengerti keinginan Anda dan Anda pun tahu bagaimana konsep desain Anda akan diwujudkan.

Minta Masukan yang Baik

Kalau Anda masih bingung dengan beberapa hal, mintalah masukan dari desainer interior Anda. Mereka akan dengan senang hati memberikan masukan yang sekiranya akan membuat konsep Anda lebih cantik atau lebih fungsional. Kemudian, jika memang masukan yang diberikan kurang cocok untuk Anda, Anda berhak untuk tidak memasukkannya ke dalam konsep desain final. Desainer interior tidak akan memaksakan ide mereka karena mereka tahu bahwa apapun yang Anda inginkan, itulah yang membuat Anda nyaman. Mintalah juga masukan apakah ada hal yang dirasa kurang cocok dengan prinsip keindahan visual, keamanan, dan kenyamanan di dalam konsep desain tersebut.

Tanyakan Rekomendasi

Meskipun Anda memiliki toko langganan atau tempat favorit untuk membeli material, furnitur, dan dekorasi, tidak ada salahnya Anda menanyakan rekomendasi dari desainer interior Anda. Dari sana, Anda dapat melihat seberapa luas koneksi yang dimiliki desainer interior Anda dan seberapa baik relasi yang dimiliki dengan koneksi tersebut. Kalau mereka menawarkan barang bagus dengan potongan harga atau keuntungan menarik lainnya dan Anda tahu bahwa tempat tersebut terkenal dengan kualitasnya yang bagus, maka Anda bisa memanfaatkan rekomendasi tersebut.

Gunakan Waktu dengan Efektif

Mintalah desainer interior Anda untuk bekerja dalam waktu yang efektif dengan membuat timeline yang jelas. Kemudian periksalah, bagaimana desainer interior Anda menggunakan waktu tersebut untuk menyelesaikan proyek Anda. Apabila rinciannya jelas dan masuk akal, berarti mereka memang sudah profesional dalam bekerja. Waktu kerja yang efektif akan memberikan Anda hasil yang cepat, namun tetap bagus kualitasnya, serta tidak ada pembengkakan biaya akibat penambahan waktu pengerjaan.

Usahakan untuk bersikap aktif selama proses bekerjasama dengan desainer interior supaya Anda mendapatkan hasil maksimal dari desainer interior Anda. Jangan sampai biaya yang sudah Anda keluarkan untuk menyewa jasa desain interior terbuang sia-sia.

Image source: boxhilldesign.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

LEAVE A COMMENT