Welcome To Our Magazine Website
 

Mengetahui yang Dilakukan Desainer Interior

Desainer interior merupakan pekerjaan yang terlihat menyenangkan dan mudah. Cari tahu lebih lanjut apa yang dilakukan seorang desainer interior di sini!

Sebelum menemukan desainer interior yang tepat untuk Anda, sudahkah Anda mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang desainer interior? Mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan seorang desainer interior merupakan cara awal untuk memasuki dunia interior desain. Untuk Anda yang ingin mengugnakan jasa desain interior, ini merupakan pengetahuan dasar supaya Anda semakin mantap untuk memilih dan menyewa jasa desain interior. Sementara untuk yang baru tertarik dengan desain interior, penjelasan ini akan membuat Anda semakin hanyut menikmati serunya dunia desain interior. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang desainer interior.

Mempelajari dan Memahami Banyak Aspek

Tidak hanya berurusan dengan cat dan furniture, tapi desainer interior juga memiliki pengetahuan seputar sejarah desain, struktur bangunan, konsep spasial, psikologi, etika bangunan, dan lain-lain dari pendidikan formal yang sudah mereka tempuh, serta pengalaman kerja dengan banyak kontraktor, arsitek, dan pihak lainnya.

Pengetahuan mengenai banyak hal tersebut tentunya merupakan hal yang wajib dimiliki oleh desainer interior karena tanggung jawabnya yang besar untuk menjadikan sebuah hunian terlihat cantik dan nyaman untuk ditempati. Dengan semakin banyak proyek yang dikerjakan, maka pengetahuan tersebut akan semakin dipahami oleh desainer interior. Hasilnya, dalam proyek-proyek ke depannya, mereka mampu mendesain interior lebih baik lagi. Kemampuan mereka terus berkembang dan semakin membanggakan.

Membuat Ruangan yang Tidak Hanya Sekedar Cantik

Pekerjaan seorang desainer interior adalah menciptakan ruangan indoor yang dapat memenuhi kebutuhan klien secara estetis, aman, dan fungsional. Dengan memadukan kemampuan pengaturan pencahayaan, pemasangan jendela dan lantai, pengecatan dinding, penataan furniture, pengetahuan seputar warna, dekorasi, serta kemampuan lainnya yang berkaitan, desainer interior bisa membuat ruang keluarga Anda yang mungil terlihat cantik secara visual, proporsional, namun setiap furniture dan benda dekorasi yang ada tetap fungsional, nyaman, dan aman.

Desainer interior bisa memiliki spesialisasi pada bangunan komersil seperti hotel, mall, dan rumah sakit atau bangunan tempat tinggal pribadi atau keduanya.

Membangun Hubungan Baik dengan Klien

pekerjaan-desainer-interior

source: pepperdignhomes.com

Profesionalitas desainer interior salah satunya dapat dilihat dari caranya berkomunikasi dengan klien. Klien merupakan faktor besar dalam perjalanan karir mereka. Karenanya, desainer interior pasti mengusahakan segala yang terbaik untuk menjaga hubungan baik. Mulai dari proses awal ketika calon klien menanyakan informasi seputar jasa yang mereka tawarkan, tentunya mereka akan melayani dengan ramah. Kemudian, ketika klien memasuki tahap konsultasi, desainer interior akan semakin berusaha untuk mendekatkan diri dan membuat klien merasa nyaman. Ketika klien merasa nyaman, maka proses selanjutnya akan berjalan dengan lancar. Desainer interior akan menanyakan hal-hal yang diinginkan klien untuk memahami maksud klien. Lalu, saran-saran pun akan diberikan, namun tanpa adanya paksaan sedikitpun.

Di tahap pembahasan biaya, desainer interior akan menjelaskan secara detail dan transparan untuk mendapatkan kepercayaan dan keyakinan klien hingga penandatanganan kontrak. Begitu proyek dimulai, desainer interior pun akan melaksanakan tugas pengawasan dan penataan dengan total sesuai dengan konsep yang sudah disetujui. Apabila ada masalah atau hal yang perlu dibicarakan dengan klien berkenaan dengan pelaksanaan proyek, tanpa menunda, desainer interior akan segera menghubungi klien supaya segera menemukan solusi dan tidak memperpanjang jadwal pengerjaan yang telah disepakati.

Menjalin Banyak Relasi dengan Profesi Lain

Menjadi seorang desainer interior tidak akan bekerja sendiri. Mereka membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, sebagaimana mereka pun dibutuhkan oleh pihak-pihak tersebut. Pihak-pihak yang biasa bekerjasama dengan desainer interior adalah arsitek untuk proyek bangunan yang dimulai dari nol ataupun perombakan besar-besaran. Kemudian, kontraktor yang akan banyak membantu desainer interior dalam mewujudnyatakan desain yang ada pada kertas. Kontraktor akan membantu proses instalasi material hingga furnitur atau dekorasi. Lalu, ada juga pengrajin yang membuat aneka furnitur dan dekorasi, yang tentunya akan membuat kerja sama menguntungkan. Dengan mengenal pengrajin langsung, maka desainer interior bisa mendapatkan harga murah dibandingkan dengan barang yang sudah ada di toko. Pengrajin pun akan terbantu dengan cara tersebut. Selain itu, desainer interior juga memiliki banyak referensi tempat membeli material yang baik dan murah.

Memiliki Perbedaan dengan Dekorator Interior

pekerjaan-desainer-interior

source: thebalance.com

Meskipun terlihat mirip dengan dekorator interior, namun sebenarnya desainer interior sangat berbeda dari dekorator interior. Pembeda utamanya adalah pendidikan karena desainer interior memiliki pendidikan formal dalam bidangnya, sementara belum ada pendidikan formal untuk dekorator interior.

Kemudian, kalau dekorator interior pekerjaannya adalah mendekor rumah supaya terlihat cantik dengan berbagai aksesori, desainer interior bekerja lebih dari itu. Tidak hanya sekedar memasang dekorasi di sana-sini dan memindahkan furniture pada posisi tertentu, tapi juga mempertimbangkan berbagai aspek yang mempengaruhi akses lalu-lalang penghuni rumah, pengaruh psikologis, keamanan, kemudahan, fungsi, dan kenyamanan dari setiap furniture, cat, karpet, dan benda dekorasi yang ada di ruangan.

Itulah hal-hal yang dilakukan desainer interior yang tentunya sangat berbeda dari pekerjaan arsitek. Dengan memahami tugas dan tanggung jawab desainer interior, maka Anda akan lebih mengenal dunia desain interior yang menjadi minat Anda. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan penggunaan jasa desain interior pun jadi lebih tahu dan memiliki pertimbangan tambahan sebelum menggunakan jasa mereka.

Image source: cqazzd.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

LEAVE A COMMENT