Welcome To Our Magazine Website
 

3 Desainer Interior Muda Hebat dari Indonesia

Banyak muda-mudi kreatif penuh bakat lahir di Indonesia dan berkembang membanggakan Indonesia. Salah satunya melalui karya desain interior.

Memilih desainer interior sebagai sebuah profesi bukanlah hal yang asing lagi. Profesi desainer interior merupakan profesi yang banyak diminati di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya perguruan tinggi yang membuka jurusan desain interior dengan jumlah peminat yang banyak setiap tahun ajaran baru. Semakin hari, semakin banyak lulusan jurusan desain interior yang giat berkarya, tidak hanya di dalam negeri, namun juga melanglang buana mengharumkan nama Indonesia di negeri lain. Usia yang terbilang muda membuat mereka terus ingin berinovasi, terinspirasi dan termotivasi oleh desainer Indonesia terdahulu, yang karyanya juga membuat kagum banyak pihak. Mari mengenal lebih jauh 3 desainer interior muda dari Indonesia yang dedikasinya sangat kuat dalam dunia desain interior.

Budi Pradono

Setelah lulus dari kuliah pertamanya di Universitas Kristen Duta Wacana tahun 2002, Budi Pradono yang lahir di Salatiga, 15 Maret 1970 ini, melanjutkan studinya di Berlage Institute di Rotterdam. Kemudian, pada kurun waktu tahun 1995-1999, Budi Pradono memiliki pengalaman kerja di Beverley Garlic Architect Sydney dan PT International Design Consultants Jakarta-San Fransisco.

Usaha yang kini dijalankan Budi Pradono sejak tahun 1999, Budipradono Architects, merupakan studio arsitektur yang menerapkan praktek beragam disiplin ilmu yang berfokus pada gaya hidup kontemporer, hospitality, dan desain urban melalui metode riset yang inklusif dan teliti, kolaborasi ekspansif, dan eksperimentasi. Tidak hanya membuat desain rumah pribadi, namun Budipradono Architects juga membuat desain untuk instalasi, institusi kebudayaan, hingga infrastruktur urban berskala besar. Kekhasan yang diusung Budipradono Architects dalam desain mereka adalah penggunaan material lokal seperti bambu dan batu.

Sudah banyak berpartisipasi dalam berbagai kompetisi di banyak negara, Budipradono Architects sudah mendapatkan penghargaan seperti Cityscape Architecture Award di Dubai tahun 2004 dan Honorable Mention of AR Awards for Emerging Architecture di London tahun 2005.

Shirley Gouw

desainer-interior-muda

source: lifestyle.liputan6.com

Wanita kelahiran tahun 1979 ini menempuh pendidikan desain interior pertamanya di Chelsea College of Arts & Design London sampai tahun 1999 dan melanjutkan pendidikannya hingga tahun 2000 di Inchbald School of Design London. Lulus dari sana, keinginannya untuk semakin memperdalam ilmu dan pengetahuannya seputar desain interior membawanya kembali belajar di Parsons School of Design New York. Dari pendidikan yang ditempuhnya, ia telah mengantongi gelar Bachelor of Arts dan Associate Degree.

Menariknya, sebelum memulai pendidikan desain interior, pada tahun 1988 Shirley Gouw sudah memulai karir sebagai seorang desainer interior di Alexandria Design Spanyol. Setelah itu, karirnya di bidang desain interior berlanjut dengan bekerja pada beberapa konsultan interior asing, yaitu Habitata Furniture Shop London, Selldorf Architecture, dan Victoria Hagan Interiors. Kini, desainer interior yang memiliki ciri khas karya elegan dan stylish ini menjabat sebagai Head of Interior Designer, Buyer, and Media Relations di Elite Grahacipta.

Revano Satria

desainer-interior-muda

source: desaininterior.me

Tidak hanya memiliki satu usaha dalam bidang arsitektur dan desain interior, melainkan dua. Revano Satria merupakan desainer interior pria lulusan Universitas Katolik Parahyangan tahun 2006, yang kemudian melanjutkan kuliah hingga mendapatkan gelar Master of Architecture tahun 2010 di AA School of Architecture London, mengambil jurusan Emergent Technologies and Design. Bersama tiga kawannya dari tiga negar berbeda, yang juga lulusan AA School of Architecture London, Revano Satria membuat MSSM Associates pada 2010 di London. Usaha tersebut didasarkan pada visi yang sama, yakni bahwa arsitektur yang diciptakan kini harus disuguhkan secara menakjubkan dan visioner. Sudah banyak desain bertaraf internasional yang digarap MSSM Associates, seperti Bandara Heathrow London dan IKEA Center di China.

Sekarang, Revano Satria memiliki RSI Group International yang menaungi beberapa biro arsitek dan desain grafis miliknya dan rekan-rekannya, yaitu Wayang Render (London-Jakarta), MSSM Associates (Kuwait-Indonesia-Cyprus-Libanon), Flux Home (Indonesia), Revastudio (London-Moskow-Indonesia), Leopardturlte (San Fransisco-Singapore-Indonesia).

Masih sangat banyak desainer interior muda dari Indonesia yang karya-karyanya tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tapi juga di negara lain. Namun, baru melihat 3 desainer muda di atas saja, Anda pasti sudah takjub dengan bakat-bakat istimewa yang lahir di Indonesia. Semoga mereka terus berkembang dalam karyanya di dunia desain interior dan menginspirasi banyak kaum muda lainnya untuk berkarya melalui desain interior.

Image source: youtube.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.