Welcome To Our Magazine Website
 

10 Pertanyaan Penting dari Desainer Interior Untuk Klien

Seorang desainer interior harus paham betul apa yang dikerjakan dengan memahami klien melalui pertanyaan-pertanyaan penting.

Melakukan proyek perubahan konsep ruangan berarti memilih desainer interior yang dapat memahami Anda sebagai seorang klien. Kalau Anda bingung apa saja yang harus diutarakan ketika melakukan proses diskusi sebelum pelaksanaan proyek, Anda tidak perlu khawatir karena desainer interior akan menjadi pihak pertama yang mengajukan pertanyaan. Merupakan salah satu tugas desainer interior untuk ‘memancing’ informasi-informasi penting seputar konsep desain yang Anda inginkan. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan desainer interior pada klien mereka.

Apa inspirasi konsep desain yang Anda buat?

Pertanyaan ini penting karena konsep desain interior yang ada di benak Anda tentunya didapatkan dari apa yang Anda sukai atau bahkan cerminan dari kepribadian Anda. Hal ini dianggap penting karena desainer interior ingin membuat konsep desain ruangan yang benar-benar tepat untuk Anda, yang akan membuat Anda merasa bahagia dan nyaman di dalam ruangan tersebut. Karena itu, ceritakan saja apa yang melatarbelakangi konsep ruangan Anda.

Suasana apa yang ingin Anda dapatkan dalam ruangan ini?

Untuk ruang bermain anak, Anda ingin menghadirkan suasana ceria sekaligus menyediakan media pembelajaran yang menyenangkan untuk Anda. Desainer interior akan memikirkan konsep ruangan yang memiliki suasana tersebut agar tercipta ruangan yang ceria, misalnya dengan menggunakan warna-warna cerah. Selain itu, keberadaan papan tulis kecil, karpet dengan gambar alfabet, dan kotak penyimpanan bertuliskan angka-angka bisa ditaruh di ruangan tersebut supaya tujuan pembelajaran yang diinginkan bisa didapatkan. Selain itu, apabila Anda ingin ruangan yang menenangkan pikiran untuk kamar tidur, maka desainer interior akan memikirkan unsur apa saja yang diperlukan di sana.

Barang apa yang ingin Anda simpan dan singkirkan?

pertanyaan-desainer-interior

source: countrydoor.com

Setiap orang pasti memiliki benda berharga yang ingin disimpan, namun bingung akan diletakkan di mana. Sementara itu, ada pula benda yang sebenarnya tidak diperlukan dan hanya memenuhi ruangan karena tidak tahu bagaimana harus mengaturnya. Sampaikan hal ini pada desainer interior Anda. Jika Anda ingin mempertahankan koleksi barang-barang antik Anda, desainer interior akan membuat area yang bisa menyimpan sekaligus membuat barang-barang tersebut sebagai pajangan yang menarik untuk dekorasi ruangan. Setelah memilih barang-barang yang akan Anda simpan, maka akan terlihat barang-barang yang tidak Anda butuhkan yang perlu disingkirkan dengan cara membuangnya, mendonasikannya, atau memberikannya kepada orang lain yang tertarik.

Hal apa yang Anda sukai di dalam ruangan ini?

Anda menyukai meja berbentuk bongkahan kayu yang merupakan warisan turun-temurun keluarga Anda? Katakanlah kepada desainer interior Anda supaya mereka memikirkan konsep desain yang bisa menjadikan meja tersebut titik pusat ruangan. Kalau tidak, bisa saja mereka mengonsep bagaimana barang yang Anda sukai tersebut menonjol di ruangan, tapi tetap terlihat seimbang dengan furnitur dan dekorasi di sekitarnya.

Hal apa yang Anda benci di dalam ruangan ini?

Hal-hal yang tidak Anda sukai sebaiknya tidak diletakkan di dalam ruangan karena akan membawa energi negatif untuk mood serta semangat Anda. Komunikasikan kepada desainer interior bahwa Anda tidak menyukai adanya cermin di kamar tidur, misalnya. Desainer interior pasti akan menghindari meletakkan cermin di kamar tidur Anda supaya tujuan kenyamanan ruangan tersebut tercapai.

Warna apa yang Anda suka dan tidak suka?

Warna merupakan faktor sensitif yang bisa sangat berpengaruh pada mood Anda. Karenanya, pemilihan warna untuk ruangan sebaiknya dilakukan dengan cermat. Hindari warna yang tidak Anda suka dan gunakan warna yang mampu membuat Anda merasa nyaman. Baik warna furnitur, dinding, atau dekorasi harus dipilih dengan saksama. Namun, kalau misalnya Anda suka warna merah, tidak berarti dinding ruangan Anda harus dicat warna merah karena akan memberikan efek psikologis yang kurang baik. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan warna merah pada karpet atau sofa.

Apa saja yang akan Anda lakukan di sini?

Aktivitas yang dilakukan di ruangan tentunya berpengaruh pada konsep desain Anda. Pastikan segala bentuk aktivitas yang biasa dilakukan di ruangan tersebut terakomodasi dengan baik melalui kehadiran furnitur ataupun perencanaan ruang yang tepat. Contohnya, Anda biasa menggunakan kamar tidur Anda sebagai tempat bekerja. Maka desainer interior akan membuat area kerja yang nyaman dan memadai di kamar tidur Anda. Penerangan pun akan disesuaikan supaya Anda bisa bekerja dengan nyaman dan ketika tidur juga bisa beralih pada penerangan yang sesuai.

Bagaimana Anda ingin menyelesaikan proyek ini?

Proyek perombakan sebuah ruangan dapat dilakukan secara bertahap ataupun sekali jadi. Ini berhubungan dengan ketersediaan dana ataupun waktu. Kalau Anda ingin mengubah sedikit demi sedikit, maka Anda bisa melakukan perubahan pada bagian yang penting terlebih dahulu untuk saat ini, kemudian di waktu mendatang, Anda bisa melanjutkan perubahan yang Anda inginkan. Namun, Anda juga bisa meminta supaya proyek perombakan Anda selesai dalam sekali penggarapan karena Anda segera membutuhkan ruangan tersebut.

Berapa anggaran biaya yang Anda punya?

pertanyaan-desainer-interior

source: money.usnews.com

Anggaran biaya merupakan hal krusial. Anda bisa membicarakan hal ini sejak awal tanpa perlu ditanyai terlebih dahulu oleh desainer interior Anda. Melalui anggaran biaya yang telah dibuat, maka Anda dan desainer interior dapat mendiskusikan hal-hal penting berkenaan dengan anggaran biaya supaya konsep desain Anda dapat terwujud tanpa pembengkakan biaya. Bahkan kalau bisa, Anda menghemat biaya karena rekomendasi toko atau pengrajin dari desainer interior Anda.

Berapa lama Anda ingin proses ini berlangsung?

Proses perombakan dapat berlangsung dalam waktu cepat ataupun lama. Kalau Anda tidak terlalu memerlukan ruangan tersebut untuk segera digunakan, desainer interior akan membuat timeline yang sedikit longgar. Dengan begitu, pengerjaan akan menjadi lebih detail. Sementara kalau Anda ingin pekerjaan selesai dengan cepat, timeline pengerjaan akan menjadi lebih padat. Berpesanlah kepada desainer interior Anda untuk tetap mengutamakan ketelitian dalam bekerja dalam waktu yang singkat.

Itulah 10 pertanyaan yang biasanya akan diajukan oleh seorang desainer interior. Kalau Anda tidak ditanyakan hal-hal tersebut, tentunya Anda sangat boleh berinisiatif memberikan informasi berkenaan dengan pertanyaan tersebut. Buatlah desainer interior Anda benar-benar memahami maksud Anda supaya tidak terjadi miskomunikasi.

Image source: hometrust.sg

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

LEAVE A COMMENT