Welcome To Our Magazine Website
 

10 Hal Ini Pasti Dilakukan Desainer Interior yang Baik

Banyak desainer interior yang bisa Anda temui di kota Anda. Namun, menentukan mana yang baik bisa sedikit membingungkan.

Memilih desainer interior tidak selalu mudah. Untuk menghindarkan Anda dari kebingungan menilai baik atau tidaknya desainer interior, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. Dengan memperhatikan beberapa hal ini, maka maka Anda akan mendapatkan desainer interior yang nyaman untuk diajak bekerjasama menciptakan ruangan berdesain cantik yang tetap nyaman, fungsional, dan aman. Hal-hal tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

Memiliki Kantor Untuk Dikunjungi

Kantor berupa bangunan fisik merupakan hal penting bagi pemilik usaha berbentuk jasa seperti desainer interior. Dengan memiliki kantor, maka calon klien akan lebih yakin dengan keseriusan dan kualitas usahanya. Ketika Anda ingin melakukan konsultasi atau baru ingin menanyakan beberapa hal, Anda bisa mendatangi kantor desainer interior yang sudah Anda pilih. Lihatlah bagaimana konsep interior kantornya, yang merepresentasikan kualitas mereka. Kemudian, Anda juga bisa meminta untuk melihat portofolio proyek-proyek yang pernah mereka lakukan sebagai referensi penilaian Anda.

Menjawab Pertanyaan Seputar Biaya di Awal

Beberapa calon klien ingin tahu biaya yang akan dikenakan untuk sebuah proyek perombakan ruangan sejak awal. Hal ini dapat dimaklumi karena akan menghemat waktu calon klien, daripada setelah konsultasi banyak hal, kemudian baru menanyakan biaya dan ternyata tidak cocok. Karenanya, desainer interior yang memahami berbagai karakter klien tidak akan keberatan menjawab pertanyaan seputar biaya ini meskipun diajukan dari awal pertemuan. Asalkan, klien sudah memaparkan konsep desain dan material atau furnitur apa saja yang ingin digunakan. Meskipun mungkin masih berupa rancangan kasar, namun setidaknya klien sudah mendapatkan gambaran kisaran biayanya.

Memberi Kesempatan Untuk Menyampaikan Konsep

Desainer interior akan memperlakukan klien layaknya raja karena perubahan desain interior memang harus sesuai dengan keinginan dan selera klien. Maka dari itu, desainer interior yang baik akan memberikan kesempatan yang leluasa bagi klien untuk menyampaikan konsep desain yang sudah dimiliki. Desainer interior akan mencatat dan mengolahnya untuk dipahami, kemudian mengajukan pertanyaan untuk konfirmasi ataupun memberikan saran yang sekiranya dapat membuat konsep desain klien lebih kuat.

Menawarkan Ide Tanpa Memaksakan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, desain interior ruangan tentunya harus cocok dengan selera klien. Meskipun terasa aneh, namun desainer interior perlu memahami jika itu memang dapat membuat klien puas dan nyaman nantinya. Tapi, desainer interior akan berusaha memberikan ide yang menyegarkan untuk klien, yang mungkin kurang menjadi bahan pertimbangan klien. Kalau klien merasa ide tersebut baik, maka klien bisa menyetujuinya dan kalau ide tersebut dirasa kurang sesuai dengan selera, klien berhak penuh untuk menolaknya. Desainer interior pun tidak akan sakit hati dengan penolakan ide tersebut karena mereka tahu dari awal bahwa klien lah yang memiliki hak paling besar terhadap konsep desain.

Menanyakan Hal yang Disukai dari Anda

desainer-interior-yang-baik

source: homepolish.com

Seorang desainer interior yang baik akan berusaha mendekatkan diri dengan klien. Hal ini ditujukan supaya konsep desain yang dibuat benar-benar sesuai dengan kepribadian Anda. Semakin desainer interior Anda tahu karakter, pengalaman, dan segala hal yang berkaitan dengan Anda, maka desain ruangan Anda akan semakin terasa dekat dan membuat ruangan menjadi nyaman untuk ditempati. Di sini, Anda sebagai klien diharapkan untuk menjawab sejujur-jujurnya, namun jangan sampai Anda merasa tidak nyaman dengan proses ini.

Memastikan Hal yang Tidak Anda Sukai

Tidak hanya hal yang disukai, namun desainer interior akan mencari tahu hal-hal yang tidak Anda sukai. Karena apabila desainer interior tidak mengetahui apa saja yang tidak Anda sukai, maka bisa terjadi kesalahan yang menyebabkan permasalahan. Misalnya, Anda tidak nyaman dengan furnitur berwarna terang, namun Anda tidak menyampaikannya pada desainer interior Anda. Kemudian, desainer interior Anda memilih sofa berwarna terang dengan tujuan untuk menjadikannya focal point ruangan tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, katakanlah kepada desainer interior Anda apa yang tidak Anda sukai, meskipun desainer interior Anda tidak menanyakannya.

Melihat Kebutuhan Khusus yang Harus Ditambahkan

Apabila Anda tinggal bersama orang berusia lanjut yang menggunakan akses kursi roda, katakanlah kepada desainer interior Anda karena mereka akan membuatkan konsep ruangan yang mudah diakses untuk pengguna kursi roda. Selain itu, di beberapa tempat pun akan diberikan alat-alat bantu seperti pegangan di kamar mandi dan lain-lain. Desainer interior yang baik tidak akan mengabaikan kebutuhan khusus seperti itu karena seorang desainer interior menyadari bahwa tidak hanya tampilan visual yang cantik saja, namun juga fungsi dan keamanan diperlukan dalam sebuah ruangan.

Memperhatikan Konsep Secara General dan Detail

Konsep desain harus diperhatikan secara baik agar tidak ada hal yang terlewatkan. Bagian-bagian terkecil pun seharusnya ditanyakan oleh desainer interior agar tidak terjadi kesalahpahaman. Di samping itu, desainer interior juga akan menjelaskan apabila ada desain yang dirasa kurang sesuai dengan standar keamanan dan kenyamanan, sebagai bahan pertimbangan tambahan klien.

Mengetahui Membuat Konsep Ruangan yang Nyaman

Kenyamanan dan kesenangan klien usai perombakan ruangan merupakan salah satu indikator kesuksesan kerja desainer interior. Maka dari itu, desainer interior yang baik akan sangat mengusahakan membuat klien merasa nyaman di dalam ruangan tersebut. Caranya bisa melalui mengajak klien untuk terlibat langsung dalam pembelian furnitur dan material, serta mempersilahkan klien untuk mengecek progres pelaksanaan proyek secara rutin dan langsung mengomunikasikan apabila ada hal yang dirasa kurang cocok dengan keinginan atau menimbulkan ketidaknyamanan.

Mampu Melihat Pada Kemunngkinan Masa Depan

desainer-interior-yang-baik

source: dvira.com

Mengonsep sebuah ruangan tidak hanya didasarkan pada kebutuhan masa kini, namun juga sebisa mungkin dibuat fleksibel supaya tetap nyaman digunakan dalam tahun-tahun mendatang. Contohnya, sekarang Anda memiliki anak berusia di bawah tiga tahun dan Anda ingin membuat kamar untuk anak Anda tersebut. Maka, desainer interior akan berusaha membuat desain dan memilihkan furnitur yang sekiranya tetap sesuai hingga anak Anda berusia lima tahun atau lebih sehingga Anda tidak perlu sering-sering mengganti konsep desain ruangan anak Anda tersebut ke depannya.

Jadi, pastikan desainer interior Anda melakukan kesepuluh hal di atas supaya Anda nyaman dalam proses pengerjaan perombakan ruangan Anda. Hasilnya, Anda pun akan mendapatkan ruangan impian Anda selama ini.

Image source: realestate.usnews.com

Artikel yang berhubungan:

Share Post
Written by
No comments

Sorry, the comment form is closed at this time.